Sistem Pendidikan di New Zealand yang Santai tapi Berkualitas

Selandia Baru adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Pasifik. Negara ini terdiri dari dua daratan utama – Pulau Utara dan Pulau Selatan – dan sekitar enam ratus pulau kecil. Lantas, bagaimana sistem pendidikan di negara tersebut ya? Simak bersama yuk penjelasan di bawah ini.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Sistem Pendidikan di New Zealand

Sistem pendidikan Selandia Baru saat ini menduduki peringkat nomor 3 dunia. Ini mencerminkan masyarakat mereka yang unik dan beragam, terbuka untuk berbagai kemampuan, keyakinan agama, kelompok etnis, tingkat pendapatan, dan gagasan tentang pengajaran dan pembelajaran. 

Diketahui, Sistem pendidikan di Selandia Baru menganut sistem pendidikan Inggris yang sudah diakui di dunia. Semua lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta diatur oleh suatu badan dari Kementrian Pendidikan yang bernama NZQA, yang didirikan dengan tujuan mengembangkan dan menjamin kualitas program pendidikan yang diselenggarakan oleh Institusi Pendidikan selain Universitas, seperti Sekolah Keguruan, Institut Teknologi, Politeknik dan Lembaga Pendidikan lainnya.

Sama seperti Finlandia, sistem pendidikan Selandia Baru juga memiliki beberapa kelebihan yang patut dicermati. Oke, tanpa berlama-lama berikut adalah sistem pendidikan di New Zealand yang santai namun berkualitas:

1. Sekolah Dasar

Pendidikan Sekolah Dasar di Selandia Baru dimulai dari umur 5 tahun. Setiap tahun akademik dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Desember. Lamanya pendidikan dasar dan menengah di Selandia Baru sekitar 13 tahun. Pada saat duduk di kursi sekolah dasar, siswa di Selandia Baru mengikuti kurikulum nasional dengan mata pelajaran sebagai berikut: bahasa Inggris, Seni, pendidikan Kesehatan dan Olahraga, Bahasa, Matematika, Statistik, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Teknologi.

Kemampuan para pelajar dalam hal membaca, menulis dan menghitung diuji sesuai dengan usia mereka, sesuai dengan aturan yang diatur oleh Standar Nasional Selandia Baru. Para pelajar memulai pendidikan dasar mereka pada usia 5-6 tahun dan durasi pendidikan dasar tersebut ialah 6 tahun (Kelas 1-6).

2. Sekolah Menengah Pertama

Sekolah menengah pertama (Kelas 7 dan 8) ialah jembatan antara sekolah dasar dan sekolah menengah atas. Pendidikan dasar dimulai sejak kelas satu sampai dengan kelas 8. Pada saat memasuki kelas 7 dan 8, para siswa memiliki pilihan untuk tetap melanjutkan studi di sekolah dasar mereka atau melanjutkan studi mereka ke sekolah menengah pertama yang baru. Para siswa memasuki sekolah menengah pertama pada usia 11-12 tahun. 

3. Sekolah Menengah Atas

Selandia Baru memiliki tiga kategori sekolah menengah atas:

  1. Sekolah Negeri, di mana 85% dari penduduk asli Selandia Baru masuk ke sekolah ini
  2. Sekolah Negeri Berintegrasi, yang dikelola berdasarkan keagamaan atau menggunakan metode pengajaran yang khusus
  3. Sekolah Swasta

Para pelajar yang memasuki sekolah menengah atas (Kelas 9-13) atau yang sering disebut high schools atau colleges berupaya untuk menggapai National Certificate of Educational Achievement (NCEA). Selain itu, sekolah menengah pertama pun menawarkan beberapa mata pelajaran kejuruan seperti pariwisata dan pemrograman komputer. Beberapa sekolah juga menawarkan ujian Internasional Cambridge dan program International Baccalaureate.

4. Pendidikan Tersier

Institusi Pendidikan Tinggi Selandia Baru dibagi menjadi empat kategori:

1. Universitas

2. Politeknik dan Institut Teknologi

3. Perguruan Tinggi Pendidikan

4. Penyedia Pelatihan Swasta

Mari kita jabarkan satu persatu ya. Kita mulai dari Universitas di Selandia Baru yang sebagian besar berbasis penelitian dan milik negara. Universitas di sana menawarkan kursus dari tingkat sertifikat hingga doktor, dengan sebagian besar kursus berlangsung setahun penuh. Beberapa kursus hanya akan berjalan satu semester, dan ini terkadang dapat dimulai pada pertengahan tahun akademik.

Politeknik dan Institut Teknologi juga milik negara dan menawarkan kursus yang setara dengan yang ditawarkan di universitas. Lembaga-lembaga ini lebih berorientasi pada kejuruan dan menawarkan pendekatan pembelajaran yang lebih praktis daripada banyak program universitas. Politeknik dan institut teknologi menawarkan pendidikan mulai dari sertifikat hingga tingkat gelar. Banyak juga yang menawarkan program pascasarjana dengan kedudukan yang sangat tinggi dalam skala internasional.

Sementara, Perguruan Tinggi Pendidikan adalah lembaga pelatihan guru yang paling sering berafiliasi atau bergabung dengan universitas terdekat mereka. 

Penyedia Pelatihan Swasta sering menawarkan pelatihan dalam disiplin tertentu, seperti manajemen pariwisata, manajemen perhotelan, memasak, atau bisnis. Lembaga-lembaga ini juga berorientasi kejuruan dan bertujuan untuk membawa kamu ke pekerjaan yang memenuhi syarat langsung setelah lulus. Penyedia pelatihan swasta juga sangat menyambut siswa internasional dan sering menawarkan banyak pilihan pembelajaran jarak jauh.

Sementara struktur gelar Selandia Baru sangat sesuai dengan sistem Inggris, mulai dari sertifikat hingga PhD, meskipun rentang lengkapnya hanya ditawarkan di institusi universitas. Politeknik dan institut teknologi umumnya dimulai pada tingkat sertifikat dan berlanjut hingga program pascasarjana. Pelatihan swasta umumnya menawarkan kualifikasi sertifikat dan diploma.

Gelar sarjana umumnya membutuhkan waktu tiga sampai empat tahun untuk menyelesaikannya. Setelah ini, kamu bebas untuk memasuki program pascasarjana, di mana kamu dapat memperoleh diploma pascasarjana, gelar Master, atau doktor.

Gelar master membutuhkan waktu satu hingga dua tahun untuk diselesaikan dan memerlukan tingkat studi yang lebih tinggi, termasuk beberapa penelitian yang umumnya tidak dimasukkan ke dalam program sarjana. Perhentian berikutnya dari gelar Master adalah, seperti di sebagian besar dunia, PhD. Studi pascasarjana didasarkan pada gelar kamu sebelumnya dan mengharuskan kamu untuk tetap berada dalam bidang studi yang sama.

Nah, beberapa universitas terbaik di New Zealand menurut QS World University Rankings dan THE World University Rankings adalah sebagai berikut:

A. Universitas Top di Selandia Baru versi  QS 2022

1. The University of Auckland

2. University of Otago

3. Victoria University of Wellington

4. University of Canterbury 

5. Massey University

6. Lincoln University

7. University of Waikato

8. Auckland University of Technology (AUT) 

B. Universitas Top di Selandia Baru versi THE 2022 

1. University of Auckland

2. Auckland University of Technology 

3. University of Otago 

4. University of Waikato

5. University of Canterbury  

6. Lincoln University 

7. Victoria University of Wellington 

8. Massey University

Demikian, sekilas sistem pendidikan di Selandia Baru. Menarik, bukan? Rupanya Selandia Baru memiliki sistem pendidikan tinggi yang terjangkau dan diakui secara global. Selain itu, negara ini adalah rumah bagi delapan universitas yang didanai negara. Jadi, bagaimana menurutmu? Kira-kira, untuk pembahasan selanjutnya enaknya membahas apa lagi ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *