12.19.2020, 0 Comments

MANFAAT MENULIS BAGI KESEHATAN FISIK DAN MENTAL

Kapan terakhir kali Anda menulis sesuatu? Menulis apapun di atas kertas, dan bukan menulis email atau laporan di komputer atau smartphone, akan memberikan manfaat tertentu bagi kesehatan, terutama kesehatan mental lho.

Dengan mengadopsi kebiasaan menulis setiap hari, kamu dapat merasakan kepuasan tertentu dan bahkan mungkin kamu akan terbantu untuk membawa perubahan besar dalam hidup. Inilah manfaat-manfaat menulis setiap hari untuk kesehatan.

1. Membantu memulihkan emosi

It`s forbidden! angry displeased young male frowns face, shows stop gesture, keeps palm in front, tries to prevent himeself from something bad and unpleasant, wears casual t-shirt, isolated on white Free Photo

Mengekspresikan emosi melalui kata-kata dapat mempercepat penyembuhan. Menulis pikiran dan perasaan setelah peristiwa traumatis benar-benar dapat membuat luka fisik lebih cepat sembuh, menurut sebuah studi oleh peneliti di Selandia Baru. Dan hasilnya adalah, mereka yang menulis tulisan ekspresif mengalami pemulihan lebih cepat daripada mereka yang dilarang menulis tentang perasaan mereka.

2. Membuat lebih terorganisir

Pleased satisfied young female model makes zero gesture, wears transparent glasses, has long dark hair Free Photo

Penulis yang paling sukses akan membuat jadwal untuk menulis dan benar-benar meletakkannya di kalender. Melakukan hal itu akan membantu kamu mempertahankan jadwal keseharian, tidak hanya pada aktivitas menulis, namun juga akan terorganisir dan efisien dalam bidang lain di kehidupan.

3. Membantu untuk tertidur

Woman wearing sleep mask and pajamas Free Photo

Menghabiskan waktu 15 menit di malam hari, hanya untuk menuliskan apa yang kita syukuri dapat membuat keajaiban terhadap tidur, menurut sebuah studi “Applied Psychology: Health and well-being”. Para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih panjang, lapor Psychology Today.

4. Membuat pikiran dan tubuh lebih baik

People and gratitude concept. horizontal shot of pretty young african american female and dark skinned male keep hands on chest, being thankful to people who helped them, have charming smiles Free Photo

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis tulisan ekspresif dapat membantu orang dengan gangguan stres pascatrauma. Menulis ekspresif telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, kesejahteraan, tingkat stres dan gejala depresi, serta manfaat fisik seperti penurunan tekanan darah, dan juga peningkatan fungsi paru-paru dan hati. 

Kamu bisa menyalurkan tulisanmu dalam berbagai media dan ekspresi salah satunya dengan mengikuti Lomba Cerpen Nasional tema “Kasih Sayang” dari Prestasi Kita. Ekspresikan perasaan kepada orang tersayang dalam bentuk cerpen dan menangkan total hadiah jutaan rupiah!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *