Mulai Sekarang, Kurangi Kebiasaan ini karena dapat Merusak Kinerja Otak

Otak adalah sebuah organ yang berada di kepala sebagai pengendali semua fungsi tubuh manusia. Termasuk mengendalikan pergerakan, perasaan sensasi, dan pikiran. Otak juga membuat manusia bisa berpikir dan memecahkan masalah.

Sebagai organ tubuh vital kesehatan otak harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Namun tanpa disadari kita sering kali melakukan kebiasan-kebiasaan yang dapat membahayakan otak. Segera ubah kebiasaan ini agar otak dapat bekerja maksimal.

Berikut kebiasaan yang dapat merusak kinerja otak:

1.   Kurang Tidur

Kurang tidur dapat mengurangi kinerja neuron di otak. Ini pula yang menjadi alasan orang yang kurang tidur sering kali tidak fokus.

Saat tidur, tubuh beristirahat dan membasmi racun atau zat berbahaya yang ada di dalam tubuh, termasuk di otak. Dalam tubuh yang kekurangan waktu tidur, mekanisme ini tak berjalan sempurna sehingga tidak dapat membersihkan otak dari zat berbahaya.

Jika zat tersebut terus menumpuk, maka otak akan mengalami kerusakan parah.

2.   Menghindari Sarapan

Menghindari sarapan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena melewatkan sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi rendah. Hal ini bisa berpengaruh pada fungsi otak. Bisa menyebabkan otak menjadi kurang responsif, dan sulit fokus.

3.   Kurang Minum Air Putih

Tubuh kita terdiri dari 70% air, sehingga konsumsi air yang cukup, sangat penting bagi tubuh, termasuk menjaga fungsi otak. Coba lah untuk mulai membiasakan minum 8 gelas air per hari. Agar, dehidrasi tidak menyerang kamu saat bekerja.

4.   Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Tidak Bergizi

Alasan lain yang membuat fungsi otakmu tidak berjalan dengan baik adalah terlalu banyak konsumsi makanan tidak bergizi. Hal ini dapat menyebabkan keinginan untuk makan secara berlebihan, karena otak selalu melemparkan sinyal “kelaparan”.

5.   Stres

Rentan stres tentu bisa memicu kerusakan fungsi otak. Tidak hanya dapat membunuh sel-sel otak, stres juga bisa membuat kemampuanmu untuk belajar dan mengingat menjadi sulit. Perbaiki kondisi mood-mu secara teratur, agar terhindar dari segala hal yang rentan membuatmu stres.