WAJIB DIJAGA DAN DILESTARIKAN, BERIKUT BUDAYA INDONESIA YANG MENDUNIA

Indonesia dikenal sebagai negara yang begitu kaya. Betapa tidak, Negara kita dikenal memiliki pulau yang paling banyak, jumlah penduduk yang cukup padat, budaya yang beragam, dan berbagai keunikan lain. Indonesia kerap memukau negara lain karena beragam hal yang dimilikinya dan beragam hal tersebut tidak membuat Indonesia terpecah belah, justru semakin erat. Inilah yang kerap menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Nah, kira-kira apa saja yang menarik bagi wisatawan internasional untuk berkunjung ke Indonesia sih ? Mungkin 7  budaya Indonesia yang mendunia ini bisa jadi menjawab mengenai apa yang khas dari Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Apa saja budaya tersebut ? Yuk simak ulasannya.

1. Wayang

Pagelaran Wayang Kulit Sambut Tahun Baru Hijriah

Kesenian wayang adalah sebuah seni pertunjukan yang biasa dijumpai di daerah jawa. Seiring berjalan nya waktu, ternyata penikmat wayang tidak hanya warga negara Indonesia saja. Wisatawan asing juga ada loh yang senang melihat pertunjukan wayang!

Bahkan, beberapa dari mereka memang sengaja jauh-jauh datang ke Indonesia untuk belajar mementaskan wayang di negri asalnya, dalam beberapa festival budaya. Keren ya!

2. Angklung

Angklung Kanekes

Jawa Barat adalah tempat asal dari alat musik bamboo ini. Meskipun bernuansa tradisional, di Jawa Barat sendiri, alat musik ini dijadikan primadona di saung angklung Mang Udjo yang kerap kali menggelar pertunjukan dengan audiens wisata lokal dan mancanegar.

3. Keris

Penyucian Keris di Museum Pusaka TMII

Keris adalah salah satu senjata tradisional yang dimiliki oleh anggota kerajaan di masa lalu. Karena memiliki nilai sejarah yang cukup panjang, keris ini pun telah tercatat sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO. Meskipun keris sejatinya berasal dari Nusantara, hingga kini masih ada loh keris-keris yang tersimpan rapih di museum luar negri!

4. Batik

www.nusabali.com-jokowi-ingin-batik-jadi-muatan-lokal-di-sekolah

Batik di zaman sekarang, adalah salah satu symbol yang mewakili citra khas Indonesia di mata dunia. Tentu ini tidak terlepas dari kebiasaan para pejabat negara yang menyempatkan diri untuk mengenakan batik di even internasional, serta usaha dari pengrajin batik yang gencar melakukan promosi. Dengan motifnya yang indah, banyak orang asing yang terpikat untuk memiliki bahkan belajar untuk membuat batik dengan tangan nya sendiri.

5. Tari Saman

Ayo menari di Hari Tari Internasional

Tari Saman merupakan tarian suku Gayo yang dilakukan secara berkelompok. Dimasa lalu, tarian ini dilakukan untuk menyambut hal-hal besar ataupun untuk merayakan sesuatu. Meskipun syairnya sedikit menggunakan campuran Bahasa Arab, tidak menyurutkan nilai-nilai nasionalisme kok! Sebab asal muasal tarian ini memang dikembangkan oleh Syekh Saman, yang taka in adalah seorang ulama Gayo, Aceh Tenggara.

6. Lagu Sayang-Sayange

rasa-sayange9.jpg

Lagu sayang-sanyange merupakan sebuah lagu daerah yang berasal dari Maluku, Lagu ini digunakan sebagai ungkapan turun-temurun yang menandakan rasa kasih sayang terhadap persaudaraan dan lingkungan diantara masyarakat Maluku. Lagu ini sebenarnya berirama sederhana namun menimbulkan keceriaan pada satiap orang yang menyanyikanya, dalam bait terakhir dari lagu ini juga terselip sebuah pantun fenomenal “kalau ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi, kalau ada umur panjang, boleh kita berjumpa lagi”.

7. Reog Ponorogo

Sejarah dan asal usul Tari Reog Ponorogo

Reog Ponorogo merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Timur, Reog Ponorogo adalah salah satu kesenian tradisional yang berupa tarian yangsampai saat ini masih terus dijaga kelestariannya oleh masyarakat setempat. Sebagai daerah yang terkenal sebagai kota asal reog ponorogo gerbang kota ini dihiasi oleh dua sosok yang biasanya tampil dalam pertunjukan reog, yaitu sosok Warok dan Gemblak.

Nah itu dia beberapa kebudayaan Indonesia yang mendunia, masih banyak budaya lainnya yang juga tak kalah menarik. Sebagai pemuda-pemudi bangsa sudah selayaknya kita menjaga dan melestarikan budaya bangsa sendiri. Yuk jaga dan lestarikan budaya kita!