7 Penemuan Sains yang Berhasil Mengubah Dunia

Sains memang tidak bisa dilepaskan dari berbagai macam penemuan penting yang awal mulanya digagas oleh ilmuwan. Tidak bisa dipungkiri bahwa penemuan ilmu pengetahuan baru (sains) oleh para ilmuwan sangat berpengaruh pada kemajuan kehidupan manusia di dunia.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Banyak sekali penemuan sains di dunia pada masa lampau yang kita rasakan manfaatnya dan memberi kemudahan untuk umat manusia saat ini. Bisa dibilang dengan kemajuan sains ini membuat kehidupan manusia sehari-hari akan menjadi lebih mudah dan bahkan dapat berguna untuk membantu kemanusiaan.

Kira-kira apa saja penemuan sains yang berhasil mengubah dunia ya? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Penemuan telepon

Penemuan telepon merupakan salah satu penemuan yang mengubah dunia. Bagaimana tidak, tanpa adanya telepon, mungkin kita tidak dapat berkomunikasi dengan mudah bukan? Bagi kita telepon merupakan benda yang sangat berguna untuk berkomunikasi satu sama lain terutama untuk kita yang tinggal dengan jarak yang jauh. Tanpa telepon, perangkat alat komunikasi lainnya juga tidak dapat berkembang.

Penemuan telepon listrik oleh Alexander Graham Bell di tahun 1876 menjadi salah satu penemuan terbesar yang pernah ada. Kehadiran perangkat elektronik tersebut sukses menggantikan telegraf sebagai solusi komunikasi jarak jauh satu-satunya pada saat itu. Melalui gagang telepon, individu dapat berkomunikasi dengan cara yang jauh lebih praktis.

Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell dinobatkan sebagai sosok yang mendapatkan paten untuk telepon listrik. Secara diketahui, proses penemuan telepon bermula pada tahun 1871, yang langsung dengan cepat merevolusi bisnis dan komunikasi global. 

Dikutip dari Live Science, ketika Bell meninggal pada 2 Agustus 1922, layanan telepon AS berhenti sejenak untuk menghormati Alexander Graham Bell untuk mengingat jasanya.

2. Penemuan Alat Transportasi

Penemuan alat transportasi tentunya menjadi salah satu penemuan paling penting dan berpengaruh di dunia. Tidak terbayangkan bila tidak adanya penemuan alat transportasi, pasti kita akan sangat sulit untuk melakukan mobilisasi. Kemampuan berjalan kaki tidak akan mampu menembus jarak yang sangat jauh dan juga akan menghabiskan waktu yang sangat lama.

Jauh sebelum alat transportasi ditemukan mobilitas manusia dilakukan dengan jalan kaki. Ternyata sejarah perkembangan alat transportasi dimulai dari  perahu. Awalnya, perahu dikembangkan sebagai alat navigasi sungai dan mencari ikan di sungai maupun lepas pantai. 

Namun, seiring dengan perkembangan peradaban, kapal yang berkembang digunakan untuk menyeberangi laut. Dengan begitu, laut yang menjadi tantangan masa itu, ditaklukkan oleh berkembangnya kecanggihan kapal laut oleh Robert Fulton.

Selain transportasi laut, perkembangan transportasi darat juga turut membantu kehidupan sehari-hari. Bahkan, kini transportasi darat menjadi moda yang paling banyak digunakan oleh manusia. Penemuan mobil yang merupakan salah satu transportasi modern, diinisiasi oleh Karl Benz. Ia mematenkan penemuan mobil pertamanya itu pada tahun 1879.

Selain itu, perkembangan transportasi udara juga tak kalah pesatnya. Di mana salah satunya adalah pesawat terbang yang ditemukan pertama kali oleh Orville dan Wilbur Wright berhasil diterbangkan untuk pertama kalinya pada 17 Desember 1903. Dan kini pun, Berbagai alat transportasi masih terus gencar dikembangkan, mulai dari transportasi darat, transportasi udara, hingga transportasi laut.

3. Vaksin

Vaksin tentunya menjadi salah satu penemuan yang paling berpengaruh di dunia. Bahkan hingga saat ini ilmuan masih mengembangkan vaksin sebagai booster untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Dilansir dari laman resmi History of Vaccine, pada abad ke-9 hingga ke-10, Tiongkok Kuno sudah menemukan metode vaksin cacar untuk pertama kalinya. Namun, metode tersebut masih dianggap sangat sederhana. Bahkan, konsep mengenai vaksin sudah ada jauh sebelum Masehi pada saat sejarawan dan filsuf Yunani Kuno mengamati bahwa cacar bisa menular dan sulit untuk menjangkiti orang yang sama (imunitas).

Baru pada era 1700-an, seorang dokter sekaligus ilmuwan bernama Edward Jenner menemukan metode vaksinasi cacar secara klinis dan modern. Penemuan ini membawa dampak besar bagi Eropa dan negara-negara lainnya. Penemuan vaksin ini membawa manfaat yang begitu besar dalam dunia medis hingga saat ini.

Berawal dari penemuan tersebut, hingga kini ilmuwan terus mengembangkan vaksin untuk meningkatkan imunitas tubuh, apalagi di masa Pandemi ini, masyarakat digemparkan oleh menyebarnya virus Covid-19. Salah satu vaksin Covid-19 yang ditemukan adalah Vaksin Astrazeneca yang dikembangkan oleh ilmuwan dari Universitas Oxford dan perusahaan spin-outnya, Vaccitech.

Diketahui, rupanya ada dua nama ilmuwan Indonesia yang turut berperan dalam penemuan vaksin ini, lho. Mereka adalah Indra Rudiansyah dan Carina Joe. Mereka merupakan mahasiswa Universitas Oxford, yang bergabung bersama tim Jenner Institute pimpinan Profesor Sarah Gilbert.

4. Penisilin atau Antibiotik

Penisilin atau antibiotik merupakan obat-obatan medis yang digunakan untuk menghambat dan membunuh bakteri merugikan dalam tubuh. Rupanya, penemuan penting ini dilakukan secara tidak sengaja, lho.

Dalam sejarahnya, mengutip new atlas Jumat (25/9), ilmuwan Inggris Sir Alexander Fleming pada 1928 secara tidak sengaja menemukan  penisilin. Penemuan yang tidak disengaja itu malah memicu hadirnya industri antibiotik modern, dan membantu mengubah arah pengobatan.

5. Lampu

Mengutip dari Interesting Engineering dan juga Live Science, penemuan lampu menjadi salah satu penemuan yang mengubah dunia. Bayangkan saja, bila sehari-harinya kita tidak ada lampu sama sekali, bisa dibayangkan bagaimana kita harus bekerja pada malam hari?

Lampu merupakan benda yang fungsinya untuk memberikan penerangan. Benda ini mempermudah kita beraktivitas di malam hari maupun di siang hari saat sinar matahari sedang tidak cerah. Kegunaan lampu yang teramat besar tidak lepas dari peran penemunya.

Menurut ahli sejarah, ada banyak orang memiliki peran penting dalam menciptakan lampu pijar sepanjang tahun 1800-an. Tapi sosok yang paling mendapat perhatian dari orang-orang seluruh dunia adalah Thomas Edison, dikreditkan sebagai penemu utama, karena ia menciptakan sistem pencahayaan yang berfungsi penuh, termasuk generator dan kabel serta bohlam filamen karbon seperti di atas, pada tahun 1879.

6. Baterai

Diperkirakan, baterai prasejarah berasal dari kerajaan Parthia, yang berusia sekitar 2.000 tahun. Untuk baterai kuno sendiri, mereka terdiri dari toples tanah liat yang diisi dengan larutan cuka, di mana batang besi yang dikelilingi oleh silinder tembaga dimasukkan ke dalamnya. Namun salah satu ilmuwan yang dikenal oleh banyak orang adalah Alessandro Volta.

Penemuan baterai itu kemudian dilanjutkan oleh William Cruickshank pada tahun 1802, ketika dirinya menemukan baterai through. Baterai terus berkembang hingga pada tahun 1859, ketika ada baterai dengan sistem isi ulang yang terbuat dari timbal. Baterai ini ditemukan oleh dokter asal Prancis, Gaston Planté.

Tak hanya itu saja, rupanya juga ada pengembangan baterai Nickel-Cadmium (NiCd) yang dikenalkan oleh Waldemar Jungner pada tahun 1899. Di mana baterai natrium ion yang baru juga membuka jalan untuk produksi baterai yang sustainable.

7. Penemuan Satelit buatan

Beberapa macam satelit buatan seperti satelit komunikasi, satelit cuaca, dan satelit militer telah diciptakan untuk membantu meringankan tugas-tugas manusia yang awalnya dirasa mustahil. Peta yang dulunya hanya berbasis manual dan konvensional saat ini sudah bisa dijelajah secara digital dengan akurat.

Laman sains Space mencatat bahwa pertama kali Uni Soviet meluncurkan satelit pertamanya pada 1957 silam. Peristiwa tersebut merupakan salah satu tonggak bersejarah bagi umat manusia karena setelahnya ada banyak misi manusia ke luar angkasa, termasuk pendaratan manusia di Bulan.

Jadi itu dia beberapa penemuan sains yang berhasil mengubah dunia. Mungkin jika penemuan-penemuan tersebut tidak diciptakan, kita akan sangat kesulitan sekarang. Semoga saja dengan penemuan yang telah tercipta kita mampu mengembangkannya menjadi lebih baik lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *