Manusia Dengan IQ Tertinggi di Dunia

Sebagian besar orang beranggapan bahwa kecerdasan seseorang identik dengan tingginya skor Intelligence Quotient (IQ) yang dimiliki. Maka dari itu, tak jarang tes IQ atau intelligence quotient digunakan sebagai salah satu kualifikasi kecerdasan individu. Umumnya, skor yang diperoleh dari tes IQ berkisar antara 70 sampai 130. Berdasarkan skala ini, orang yang memiliki skor di atas 145 dianggap jenius.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Jika ditanya siapa saja orang terpintar di dunia ini, mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah para ilmuwan serta orang-orang yang pernah disebutkan dalam buku-buku besar lainnya. Salah satunya yaitu Albert Einstein  yang sering dijadikan sebagai maskot dalam urusan kejeniusan dengan skor IQ antara 160-190. 

Tak kalah dengan luar, karena di indonesia juga memiliki sosok jeniusnya sendiri yaitu BJ Habibie, di mana beliau memiliki skor IQ mencapai 200. Namun, Einstein maupun BJ Habibie bukanlah manusia dengan skor IQ tertinggi di dunia loh. Sebab, masih terdapat sejumlah orang yang memiliki skor IQ lebih tinggi. Nah, berikut adalah tujuh orang dengan skor IQ tertinggi di dunia:

1. Edith Stern

Edith Stern merupakan salah satu perempuan terpintar di dunia, yang dikenal sebagai seorang ahli matematika dan investor asal Amerika Serikat dengan IQ hingga 200+. Bahkan, Edith memiliki lebih dari 128 paten atas namanya. Dirinya juga telah meraih banyak penghargaan seperti penghargaan seumur hidup di bidang teknik.

Diketahui, Kejeniusan Edith terlihat dari usianya yang belum genap setahun. Di mana Stern sudah dapat melakukan penghitungan dan mengucapkan kalimat lengkap. Selain itu, sebelum usianya menginjak 18 tahun, Edith Stern telah mendapat banyak gelar sarjana loh. 

Bahkan, sebelum usianya menginjak 20 tahun, Edith Stern telah mengajar matematika dan trigonometri di Michigan State University. Tercatat, dirinya juga pernah menjadi Wakil Presiden Departemen Riset dan Pengembangan di IBM. Mantap sekali ya?

2. Kim Ung-Yong 

Kim Ung Yong merupakan seorang pria kelahiran tahun 1962 di Hongje-Dong, Seoul, Korea Selatan, yang dikategorikan sebagai manusia super jenius dengan IQ 210. Bahkan, dirinya pernah tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai manusia dengan IQ tertinggi di dunia.

Diketahui, Kim Ung Yong mulai berbicara pada usia enam bulan. Bahkan, saat berusia 3 tahun, ia sudah bisa membaca bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Jerman. Tidak mengejutkan jika Kim Ung-Yong terlahir pintar. Pasalnya, dia merupakan putra seorang profesor fisika dan profesor kedokteran. 

Kim juga pernah diundang The National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk belajar bersama para ilmuwan. Menakjubkan lagi, dia menyelesaikan gelar Ph.D pada usia 15 tahun, dengan mendapatkan nilai hampir sempurna dalam setiap mata pelajaran.

Dirinya juga pernah mengumpulkan setumpuk penghargaan akademis saat menjadi karyawan NASA. Selain itu, Kim Ung Yong kembali ke Korea dan menjadi profesor di sebuah Universitas di Korea.

3. Christopher Hirata 

Kejeniusan Christoper Hirata tak hanya dibuktikan dengan hasil test IQ yang mencapai 225, tapi juga dengan segudang prestasi diberbagai bidang yang mengharumkan namanya. Pria kelahiran 1982 ini dapat membawa pulang medali emas Olimpiade Fisika Internasional pada tahun 1996 di usia 13 tahun. 

Meski memiliki nama belakang Jepang, namun Hirata memiliki paspor Amerika Serikat. Ia melewatkan masa sekolah menengah dan di usia 16 tahun bergabung dengan NASA, dirinya juga dipercaya menangani proyek besar kolonisasi Planet Mars. Hirata mendapatkan gelar PhD di bidang Astrofisika saat usianya 18 tahun.

4. Marilyn Vos Savant 

Marilyn vos Savant merupakan wanita yang lahir pada tahun 1946 di Missouri, Amerika Serikat. Dia dikenal sebagai kolumnis majalah New York, pengusaha, penulis naskah, dan banyak lagi. Tapi klaim ketenarannya yang paling terkenal adalah otaknya. Marilyn vos Savant dikenal sebagai orang dengan IQ tertinggi di dunia.

Tercatat, Skor IQ Marilyn vos Savant mencapai 228. Level IQ 228-nya yang luar biasa tinggi membuat dirinya terdaftar dalam Guinness Book of World Records Hall of Fame untuk “IQ Tertinggi” dari 1986 hingga 1989. Sejak itulah Marilyn Vos Savant mulai terkenal bak selebriti. Apalagi dengan pembawaannya yang outgoing, menyenangkan, dan smart membuatnya jadi sering diundang ke berbagai talk show.

Marilyn vos Savant tidak hanya pandai dalam bidang sains dan matematika, ia juga mengembangkan hasrat untuk menulis. Bahkan, sebagai seorang remaja, ia bekerja di toko umum ayahnya sambil menyumbangkan klip ke majalah lokal dengan nama samaran.

5. Terence Tao 

Terence Tao lahir dari keluarga Tionghoa pada 1975, Terence mulai menunjukkan bakat luar biasa untuk matematika pada usia yang sangat dini. Tak hanya mengerti juga memahami, nyatanya dirinya mampu mengajar aritmatika dan Bahasa Inggris saat usianya masih 2 tahun kepada kerabatnya yang usianya 5 tahun. Hal ini lah yang membuat dirinya semakin dikenal sebagai sosok yang memiliki kejeniusan luar biasa.

Ia juga telah memperoleh gelar doktor pada usia hanya 20 tahun dan menerima Fields Medal pada 2006. Fields Medal dapat dianggap setara dengan Hadiah Nobel dalam matematika, tetapi penghargaan ini diberikan setiap empat tahun. Selain itu, Terence Tao dikenal karena karya-karyanya yang fenomenal seperti Teori Green-Tao, Inequalitas Tao, Kakeya Conjecture, dan Horn Conjecture. 

6. William James Sidis 

William James Sidis lahir pada tahun 1898 di New York City dan dibesarkan dalam keluarga intelektual, ia berbakat sejak kecil. Pada usia 5 tahun, ia mengoperasikan mesin tik dan belajar bahasa Latin, Yunani, Rusia, Prancis, Jerman, dan Ibrani. Ia juga sudah memberikan kuliah pertamanya yang sangat terkenal tentang fisika 4 dimensi di Harvard University pada usia 11 tahun.

Dilansir All Thats Interesting, seorang ahli angka atau matematika bernama William James Sidis ternyata memiliki IQ tertinggi di dunia, yakni di atas 250 dan mampu mendekati 300. Angka ini jauh di atas IQ milik Albert Einstein dan Stephen Hawking yang berkisar di angka 160 hingga 180.

Dalam beberapa tes kecerdasan dan IQ, William Sidis selalu mendapatkan angka mutlak pada rentang di atas 250 hingga 300. Jika diambil rata-rata, angka IQ milik William Sidis berada di titik 260. Tentu saja, William James Sidis dimasukkan ke dalam golongan genius karena angka IQ-nya terpaut 150 dibandingkan IQ rata-rata.

7. Ainan Celeste Cawley 

Ainan Celeste Cawley merupakan pria kelahiran 1999 yang memiliki skor IQ tertinggi di dunia, yaitu 263. Ainan juga menjadi orang termuda di dunia yang lulus tingkat Kimia-O di usia 7 tahun. 

Pada usia 8 tahun, ia mengambil kuliah Kimia di Singapore Polytechni (sebuah lembaga pendidikan tinggi di Singapura). Dia menggubah musik dan dapat melafalkan Pi hingga 518 tempat desimal.

Nah, demikian itu dia tujuh orang dengan IQ tertinggi di dunia. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kalian semua ya. Lantas, bagaimana menurutmu soal hal ini? Apakah kalian percaya jika memiliki IQ tinggi akan membuatmu bahagia, atau justru sebaliknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *