Program Studi Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Sebagai calon mahasiswa yang baru lulus SMA/SMK/MA dan sederajat, mungkin kamu masih bingung dengan banyaknya jurusan kuliah yang ada di perguruan tinggi. Tentunya memilih jurusan merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan masa depan. Selain itu, sebelum memilih jurusan kamu juga harus tau jurusan tersebut mempelajari tentang apa, sesuai dengan bakat diri atau tidak, atau bagaimana prospek kerja setelah lulus nanti. Dengan begitu, kamu akan mempunyai gambaran harus mengarah kemana dengan jurusan yang telah kamu ambil.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Apa itu Program Studi?

Sebelum jauh membahas mengenai topik yang akan dibahas, kami jelaskan dulu apa itu Program Studi. Program studi atau prodi adalah bagian dari sebuah jurusan. Sebuah jurusan bisa terdiri dari beberapa prodi yang memiliki fokus ilmu yang sama. Sebagai contoh yaitu Jurusan Sejarah memiliki dua program studi yaitu Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah. Keduanya akan mendalami hal yang sama, namun dibedakan dari tujuan perkuliahannya.

Jika kita membahas soal perbedaan antara Fakultas dan Prodi, kamu bisa mengibaratkan sebuah rumah yang memiliki banyak kamar. Rumah ini adalah Fakultas, sedangkan kamar-kamar di dalam rumah itu adalah Prodi-nya. Jadi, sudah bisa mengerti kan apa itu bedanya Fakultas dan Prodi? Dengan kata lain, Fakultas adalah divisi besarnya sedangkan Prodi adalah bagian-bagian kecil dari divisi besar tersebut.

Program Studi Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Seperti diketahui, Ilmu dan skill yang didapat di dunia perkuliahan tentunya akan sangat berguna dan membantu mahasiswa dalam menapaki dunia kerja. Jenis ilmu yang diajarkan di perguruan tinggi pun bermacam-macam, sesuai dengan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa berdasarkan prospek kerja yang diinginkan. Pada umumnya mahasiswa memilih jurusan yang familiar di masyarakat. Namun tahukah kamu, bahwa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia memiliki Program Studi perkuliahan yang unik dan langka, loh. Berikut deretan Program Studi unik dan langka di dunia yang jarang diketahui banyak orang:

1. Prodi Teknik Nuklir 

Program studi Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Bidang keteknikan ini mencakup perancangan, pengembangan, percobaan, operasi dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, khususnya reaktor nuklir, PLTN dan/atau senjata nuklir.  Bidang ini juga dapat mencakup studi tentang fisi nuklir, aplikasi radiasi untuk berbagai bidang (termasuk industri, kesehatan, pertanian, dan lingkungan), keselamatan nuklir, perpindahan panas, teknologi pembuatan bahan bakar nuklir, proliferasi nuklir, dan pengelolaan limbah radioaktif atau radioaktivitas lingkungan.

Jurusan Teknik Nuklir masih terbilang langka. Bahkan, di Indonesia baru dua perguruan tinggi yang membukanya. Namun dibalik kelangkaannya ada prospek menjanjikan bagi lulusan jurusan tersebut, loh. Di Tanah Air, universitas yang membuka jurusan Teknik Nuklir adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan satu lagi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir- Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN). Kedua perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tenaga nuklir ini berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Secara diketahui, lulusan program studi Teknik Nuklir memiliki prospek kerja dengan penghasilan fantastis, loh. Perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir, seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya. Pada bidang kedokteran, sebagai peneliti, dan pengajar juga bisa. 

2. Program Studi Teknologi batik

Universitas Pekalongan adalah satu-satunya Universitas di dunia yang mempunyai jurusan Teknologi Batik. Sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia, tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009. Di mana UNESCO resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan Internasional terhadap budaya Indonesia. Sejak itulah nama batik semakin naik dan terkenal di seluruh dunia. 

Universitas Pekalongan (UNIKAL) mendapat Mandat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang didirikan atas Mandat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 363/E/T/2011 tentang Pembukaan Program Studi (S1) Teknologi Batik pada Universitas Pekalongan, Rekomendasi Kementerian Pendidikan Nasional No. 1015/006.2/AK 10/2011 Tentang Penambahan Program Studi Teknologi Batik Diploma III pada Universitas Pekalongan. 

Hal ini merupakan bagian dari program pemerintah dalam menanggapi pengukuhan Batik Indonesia sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO pada tahun 2009. Nah, dalam Program Studi Teknologi batik, kalian tidak hanya diajarkan tentang mengukir pola-pola batik saja, melainkan di jurusan ini akan mendalami batik dari filosofinya hingga menjadi produk yang berupa kain batik.

Bila berbicara tentang prospek kerjanya, Program Studi ini cocok bagi kalian yang tertarik menjadi seorang pengrajin batik hingga wirausahawan batik. Pasalnya, Prodi ini mempelajari seni batik dan fashion dengan perhatian utama pada penguasaan keterampilan dalam menghasilkan batik dan fashion, serta pembentukan jiwa kewirausahaan yang berbasis budaya Indonesia.

3. Jurusan Sastra Belanda

Melihat sejarah Indonesia, negara Belanda memiliki dampak serta peninggalan yang melekat dengan masyarakat Indonesia. Karenanya tidak heran jika Sastra Belanda menjadi salah satu jurusan yang hanya dimiliki Indonesia diantara negara-negara di Asia Tenggara dengan Universitas Indonesia sebagai satu-satunya universitas dengan jurusan ini. Rupanya Universitas terbaik dengan Akreditasi A oleh BAN-PT yang menyediakan Jurusan Sastra Belanda di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI), Depok.

Jurusan Sastra Belanda Mempelajari tata bahasa Belanda, komposisi, pemahaman teks, budaya, dan kesusastraan Belanda mulai dari kemampuan lisan, tulis, mendengar, dan berbicara. Selain itu Jurusan ini tak hanya berfokus pada kemampuan bahasa, namun juga aspek sastra, budaya masyarakat, sejarahnya yang berkaitan dengan Indonesia, serta kemampuan linguistik bahasa Belanda dan pengetahuan pendukung lainnya.

Sastra Belanda dianggap sebagai salah satu jurusan langka yang memiliki banyak peminat karena kapasitasnya yang tidak banyak jika dibandingkan dengan jurusan sastra lainnya. Berkuliah di Jurusan ini kamu tidak hanya mahir berbahasa asing, tetapi juga memiliki wawasan yang luas. Karena selama berkuliah akan banyak membahas sejarah dan kebudayaan Belanda.

Lulusan Bahasa dan Sastra Belanda memiliki peluang yang besar untuk bekerja di lembaga-lembaga internasional Kementerian Luar Negeri, dan kedutaan besar. Lulusannya juga dapat bekerja di sejumlah sektor seperti pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya. Kamu juga dapat bekerja di Laboratorium Fonetik, Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi, dan Laboratorium Bahasa, loh.

4. Program Studi Ilmu Keluarga dan Konsumen

Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki jurusan yang langka di Indonesia yakni jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen. Bahkan, di Indonesia jurusan ini hanya ada di IPB, loh. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKI) adalah salah satu departemen di IPB yang berdiri pada 2005. Jurusan ini memiliki disiplin ilmu untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Lebih lengkapnya, Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen merupakan jurusan yang mempelajari serta mengembangkan keilmuan konsumen dan juga perilaku ekonomi keluarga dalam pengalokasian sumberdaya untuk mencapai tingkat kesejahteraan. Ruang lingkup jurusan ini yaitu manajemen sumberdaya keluarga, kesejahteraan keluarga, perlindungan konsumen, perilaku konsumen dan lain-lain.

Pada Program Studi ini, mata kuliah yang diajarkan tentu berkaitan dengan kesejahteraan, keluarga, konsumen, dan anak. Mulai dari pengembangan karakter hingga riset konsumen. Berikut adalah gambaran tentang mata kuliah jurusan ini:

– Pengasuhan Anak

– Pengembangan Karakter

– Manajemen Sumberdaya Keluarga

– Riset Konsumen

– Usaha Ekonomi Keluarga

– Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga

– Konsultasi dan Bimbingan Keluarga

– Pendidikan Holistik, dsb

Prospek kerja untuk lulusan Program Studi Ilmu Keluarga dan Konsumen yaitu sebagai berikut:

– Konsultan bidang keluarga, tumbuh kembang anak dan pemberdayaan wanita

– Akademisi

– Pengelola pendidikan anak usia dini

– Peneliti di bidang keluarga, tumbuh kembang anak dan konsumen, dsb

5. Artificial Intelligent (AI)

Di Indonesia, jurusan ini lebih dikenal dengan nama Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Jurusan ini dikenal langka, sebab kamu hanya dapat mempelajarinya di Universitas Airlangga (Unair). Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan salah satu produk inovasi yang bertumpu pada computer science pada pembuatannya, seperti yang dikutip dari situs Binus University. Jurusan ini mencakup sains dasar (terutama matematika dan fisika), teknologi informasi seperti algoritma, pemrograman, jaringan komputer dan IoT, dasar dari sistem siber-fisik (mekatronika, elektronika, sistem kontrol dan otomasi, sistem embedded).

Kemudian, dipelajari pula desain dan aplikasi robotika dan kecerdasan buatan serta integrasinya, metodologi penelitian, kewirausahaan, serta komunikasi profesional. Berdasarkan data dari Future of Jobs Survey 2020 World Economic Forum (WEF), ilmu yang berkenaan dengan AI menempati peringkat kedua dalam kategori pekerjaan yang paling dicari dalam berbagai sektor industri. Melansir dari situs resmi Unair, berbagai pilihan profesi dari lulusan ini yakni tenaga ahli otomasi industri, tenaga ahli kecerdasan buatan, tenaga ahli robotika, tenaga ahli pengaplikasian komputer tertanam (embedded system) dan tenaga ahli pengembang perangkat lunak. Selain itu, para lulusannya dapat pula bekerja di bagian riset dan pengembangan (R&D) di institusi, lembaga, dan perusahaan.

Itu tadi adalah deretan Program Studi Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya. Wah, dari penjelasan di atas adakah jurusan yang pernah kamu dengar? Kira-kira kamu mau memilih jurusan langka yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *