Sejarah dan Fakta Universitas Tertua dari Berbagai Belahan Dunia

Pada umumnya, setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kita akan berpikir akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Tidak jarang, kita juga berpikir untuk melanjutkan studi Master hingga Doctor. Dengan begitu, rasanya pendidikan telah menjadi bagian penting dari sejarah peradaban manusia.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Tahukah kalian jika banyak orang menganggap Universitas Al-Azhar atau Universitas Oxford sebagai universitas tertua di dunia. Memang benar jika dua universitas ini masuk dalam daftar universitas tertua, namun bukan berarti yang tertua di dunia. Lantas, bagaimana sih sejarah dan fakta dari jajaran Universitas tertua di dunia yang sebenarnya?

Sejarah dan Fakta Universitas Tertua di Dunia

Dikutip A Latin Dictionary (1966) karya Charlton T. Lewis dan Charles Short, istilah universitas berasal dari bahasa Latin asli yang dapat diartikan “orang-orang yang terasosiasi dengan sebuah badan, masyarakat, perusahaan, komunitas, kelompok pekerja, korporasi, dan lain-lain”. Begitupun menurut Oxford English Dictionary (1989), dalam penggunaan yang lebih modern “universitas”  dapat diartikan sebagai “Sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan biaya kuliah terutama untuk mata pelajaran non-kejuruan dan biasanya memiliki wewenang untuk memberikan gelar.” 

Berbicara tentang dunia pendidikan memang tidak pernah ada habisnya, karena pendidikan akan terus berkembang mengikuti zaman. Dilansir dari laman kompas.com, dikatakan bahwa Institusi pendidikan tinggi telah ada sejak abad pertengahan dan berevolusi mengikuti tuntutan zaman. Bahkan, tercatat bahwa  sebagian universitas tertua di dunia memiliki reputasi yang sangat baik, lho.

Nah, ada beberapa perguruan tinggi paling tua di dunia yang masih berdiri dan eksis hingga saat ini, lho. Yuk simak bersama, berikut adalah beberapa Universitas tertua dari berbagai belahan dunia:

1. University of Al-Karaouine (Maroko)

Universitas Al-Qarawiyyin atau Al-Karouine adalah universitas pertama dan tertua di dunia yang terletak di Kota Fes, Maroko. Al-Qarawiyyin didirikan dalam bentuk masjid oleh putri seorang pedagang kaya bernama Fatima al-Fihri pada 857 dan masih eksis hingga kini. Sejak itu, Al-Qarawiyyin berkembang menjadi salah satu pusat kegiatan agama dan pendidikan di Zaman Keemasan Islam. Kini, Universitas Al-Qarawiyyin telah mendapat penghargaan dari Guinness Book of World Records sebagai universitas tertua di dunia yang masih berjalan sampai sekarang.

Pada 1912, Maroko menjadi protektorat Perancis. Hal ini juga memengaruhi Al-Qarawiyyin, yang kian memburuk sebagai pusat pembelajaran agama. Pada periode ini, siswa yang masuk Al-Qariwiyyin dibagi berdasarkan strata sosial, seperti etnik, status sosial, kekayaan pribadi, dan latar belakang kehidupannya. Sampai 1947, Al-Qarawiyyin diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan negara. Pada 1963, setelah Maroko merdeka, Al-Qarawiyyin secara resmi diubah menjadi universitas yang dibawahi langsung oleh Kementerian Pendidikan. 

Jurusan-jurusan lain mulai ditambahkan ke Al-Qarawiyyin, seperti Bahasa Perancis, Bahasa Inggris, dan Matematika. Kini, Universitas Al-Qarawiyyin telah mendapat penghargaan dari Guinness Book of World Records sebagai universitas tertua di dunia yang masih beroperasi sampai sekarang.

2. Al-Azhar University (Mesir)

Didirikan pada tahun 932 M di bawah kekuasan Khalifah Bani Fathimiyyah, membuat universitas Al-Azhar kerap disebut sebagai universitas tertua di dunia. Tahukah kalian jika Universitas ini sudah sangat eksis sejak awal pendiriannya, lho. Pasalnya, dahulu khalifah Bani Fathimiyyah menggunakan AL-Azhar sebagai pusat pendidikan Da'i dan Ilmuwan yang bertujuan untuk menyebarkan Paham Syiah ke seluruh dunia.

Diketahui, Kini kampus tua ini telah memiliki ratusan ribu mahasiswa asing, hal ini merupakan bukti bahwa Azhar menjadi pusat keilmuan islam yang moderat dan diakui oleh seluruh dunia. Bahkan, di beberapa Negara, banyak alumni AL-Azhar yang menjadi pemimpin. Salah satunya adalah Negara di afrika yang dipimpin oleh presiden yang alumni Al-Azhar.

Perlu kalian ketahui bahwa Al-Azhar tidak hanya memiliki 1 lokasi kampus saja, melainkan memiliki puluhan cabang kampus yang tersebar diseluruh Negara Mesir. Jadi, tak heran jika universitas ini mampu menampung ratusan ribu mahasiswa yang datang dari seluruh penjuru dunia.

3. University of Bologna (Italia)

Jika dua universitas yang telah disebut sebelumnya berada di benua Afrika, maka University of Bologna merupakan perguruan tinggi tertua yang ada di Eropa sekaligus di Italia, demikian yang dicatat oleh Guinness World Records.

Sejak didirikan pada tahun 1088, University of Bologna telah berpusat pada mahasiswa, berkat lima kampusnya (di Bologna, Cesena, Forlì, Ravenna dan Rimini) dan cabangnya di Buenos Aires, universitas ini menawarkan kepada mahasiswanya katalog kursus yang bervariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini: lebih dari 200 program gelar dalam 32 departemen dan 5 sekolahnya.

Tercatat bahwa University of Bologna masuk di antara 5 universitas Italia teratas dalam peringkat internasional utama (Shanghai, Times Higher Education, GreenMetric).

University of Bologna juga sangat berkomitmen untuk pembangunan berkelanjutan dan secara aktif berkontribusi pada pencapaian 17 tujuan pembangunan berkelanjutan dari Agenda 2030 PBB. Selain itu, dalam lanskap penelitian dan kerjasama akademik Eropa, University of Bologna jelas merupakan salah satu institusi yang paling aktif. 

4. University of Oxford (Inggris)

Perguruan tinggi legendaris yang berlokasi di Oxford, Inggris, ini pertama kali diketahui eksis antara tahun 1096-1167, meskipun belum dapat dipastikan tanggal tepat didirikannya. University of Oxford masih menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dunia saat ini dan menghasilkan banyak alumni terkemuka, termasuk 28 pemenang Hadiah Nobel. 

Menurut Times Good University Guide pada 2013, University of Oxford berhasil berada di posisi pertama sebagai kampus terbaik di dunia selama 11 tahun berturut-turut. Nah, untuk lokasi kampus, rupanya tak hanya berpusat di satu lokasi saja. Meskipun letaknya berbeda-beda sudut, tapi lokasi kampus ini tetap berada kota Oxford. Jarak antara satu gedung ke gedung lainnya nggak terlalu jauh.

Selain itu, kampus ini sering kali menjadi salah satu tujuan wisata bagi para turis dari luar kota maupun negeri, lho. Bagaimana tidak, bentuk bangunan dan eksistensi kampusnya saja sangat aesthetic yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. 

Bukan hanya itu saja, karena kampus ini memiliki lembaga pers tingkat kampus dengan percetakan yang terbesar di dunia. Lembaga pers ini dinamakan Oxford University Press (OUP). Keren banget kan?

5. University of Salamanca (Spanyol) 

Awalnya, perguruan tinggi tertua di Spanyol ini adalah sekolah katedral yang keberadaannya diketahui pada 1130. Hingga tahun 1134, sekolah ini diakui sebagai “sekolah umum kerajaan”. Selanjutnya, Raja Leonese Alfonso IX meresmikannya pada 1218. 

Dikutip dari website resmi University of Salamanca, sekolah kerajaan ini kemudian mendapat restu dari Paus Alexander IV (1254-1261) untuk resmi dijadikan sebagai perguruan tinggi atau universitas pada 1255.

Sejak saat itu, institusi tersebut telah tumbuh menjadi pusat pendidikan yang berkembang sampai sekarang. University of Salamanca juga terkenal karena reputasinya yang luar biasa dalam mengajar Bahasa Spanyol.

Jadi, itulah beberapa universitas yang berusia tua di dunia. Tak hanya menyandang sebagai universitas tertua di dunia saja, karena beberapa di antaranya juga disebut sebagai universitas terbaik. Nah, adakah universitas yang jadi sasaran studimu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *