Tahukah Kamu, Fakta Menarik tentang Perpustakaan di Dunia?

Bagi sebagian orang terlebih para pecinta buku atau orang-orang yang memiliki hobi membaca, perpustakaan adalah surganya. Di mana mereka bisa mencari segala macam jenis buku yang mereka inginkan. Tapi, tahukah kamu jika kini perpustakaan tak hanya dikenal sebagai tempat menyimpan serta membaca buku saja. Namun, perpustakaan telah bertransformasi menjadi ruang serbaguna yang menyenangkan bagi orang.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Pasalnya, selain sebagai ruang baca, perpustakaan juga mempunyai kafe, restoran, serta menghadirkan pertunjukan budaya dan film. Bagi yang hobi membaca, perpustakaan yang nyaman memberikan pengalaman tak terlupakan. Lalu, apa saja fakta menarik tentang perpustakaan yang ada di dunia? Simak penjelasan di bawah:

1. Perpustakaan Pertama di Dunia

Bibliotheca Alexandria Egypt atau Perpustakaan Iskandariyah Mesir adalah perpustakaan pertama dan terbesar di dunia. Perpustakaan ini dibangun pada tahun 232 SM oleh raja Ptolemey (ptolemaeus) Soter (322-285 SM) raja pertama dinasti Diadoch. Perpustakaan ini menjadi sangat besar di bawah para penggantinya Ptolemey Philadelphus (285-247SM) dan Ptolemey Eurgetes (247-221 SM).

Perpustakaan tersebut dibangun dengan maksud mengumpulkan dan memelihara selengkapnya semua karya kesusastraan Yunani, dan bertahan hingga berabad-abad dan memiliki koleksi yang sangat lengkap.

Pada tahun 1990-an UNESCO dengan pemerintahan Mesir kembali membangun perpustakaan yang memiliki nilai sejarah tersebut. Setelah terbengkalai hampir 20 abad akhirnya Bibliotheca Alexandria Egypt atau Perpustakaan Iskandariyah Mesir kembali berdiri kokoh dan megah pada 17 Oktober 2002 dan diresmikan oleh Presiden Mesir Hosni Mubarak. Dan setiap tanggal 17 Oktober akhirnya diperingati sebagai Hari Perpustakaan Sedunia.

Dilansir dari sudinpusarjakpus.jakarta.go.id, Perpustakaan Alexandria memiliki banyak koleksi berharga. Di antaranya 5.000 koleksi penting berupa manuskrip klasik tentang aneka pengetahuan dari abad 10 M-18 M. 

Adapun catatan penting Napoleon berjudul Description de’lEgypte, yang menceritakan peristiwa Prancis menyerbu kota Alexandria. Perpustakaan yang dulu dihancurkan oleh Julius Caesar itu kini menjadi salah satu objek wisata dunia seperti Piramid Giza, Mumi, Karnax Temple, Kuburan para Firaun di Luxor atau Museum Kairo yang menyimpan timbunan emas Tutankhamun.

2. Perpustakaan Terbesar di Dunia

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan perpustakaan nasional Negara Amerika Serikat yang satu ini. Selain sebagai perpustakaan nasional, Library Congress merupakan perpustakaan tertua yang ada di Amerika, lho. Library Congress terbagi menjadi tiga gedung yang berbeda. Banyak yang bilang bahwa perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar di dunia, dilihat dari banyaknya buku dan rak-rak buku yang tersedia. 

Di dalam perpustakaan ini, kamu bisa menemukan berbagai macam bacaan. Di sini terdapat lebih dari 32 juta buku dan lebih dari 61 juta naskah. Selain itu, tempat ini juga merupakan tempat dimana deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat disimpan.

Selain buku, naskah, dan deklarasi kemerdekaan, tersedia juga vellum copy dari alkitab Gutenberg dan ini merupakan salah satu dari 4 vellum copy alkitab Gutenberg lho. Saking lengkapnya, perpustakaan ini juga menyediakan sekitar 5 juta peta, 6 juta lembaran kertas musik, lebih dari 1 juta Koran, dan juga 14 juta foto serta cetakan. Tak perlu khawatir, karena perpustakaan megah yang satu ini karena terbuka untuk umum, lho.

3. Perpustakaan Bandara Terbesar di Dunia

Mulai musim panas di awal bulan Juli 2010, penumpang pesawat terbang yang transit atau punya waktu luang di Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam, Belanda, tidak akan mengalami kejenuhan. Pasalnya, mereka bisa membunuh waktu menunggunya dengan memanfaatkan ruang khusus perpustakaan multimedia dengan membaca atau mendengar koleksi yang disediakan. 

Fasilitas ini pertama kali di dunia ada di Bandara Internasional Schiphol ini yaitu perpustakaan multimedia permanen. Inisiatif mendirikan perpustakaan datang dari organisasi ProBiblio dan didukung oleh Departemen Pendidikan, Kebudayaan dan Pengetahuan Belanda. Di mana perpustakaan bandara ini akan menjadi perpustakaan multimedia, dengan berbagai aspek budaya Belanda. “Jadi tidak hanya kesusastraan yang bisa ditemukan di sini, film dan musik juga ada,” terang Dick van Tol, seperti yang dilansir di Radio Nederland Wereldomroep (RNW).

Pasalnya, perpustakaan ini akan jadi tempat menghabiskan waktu atau menunggu penerbangan selanjutnya, pengunjung tidak diperbolehkan membawa buku, DVD atau koleksi lainnya ke luar perpustakaan. Untuk memuaskan pengunjung, tersedia ruangan khusus untuk mengunduh di perpustakaan. Dengan fasilitas yang ada di sana, bisa menonton film atau langsung mengunduhnya ke ponsel. 

4. Perpustakaan Medis Terbesar di Dunia

National Library of Medicine adalah salah satu perpustakaan nasional Amerika Serikat untuk bidang khusus kedokteran.  NLM berdomisili di kota Bethesda yang didirikan pada mulanya oleh angkatan laut Amerika (Armed Forces Medical Library) pada tahun 1836, namun pada tahun 1895 atas usul Congress diambil alih pengelolaannya oleh Kementerian Kesehatan Amerika menjadi perpustakaan nasional. NLM juga merupakan pusat dan koordinator jaringan bagi 5500 perpustakaan kedokteran di Amerika Serikat dan negara-negara di Benua Amerika bagian Utara.

National Library of Medicine memang pantas mengklaim dirinya dengan pernyataannya sebagai The World Largest Medical Library, oleh karena sebagai perpustakaan yang telah ratusan tahun beroperasi terbukti ia memiliki koleksi puluhan juta buku dan monograf lainnya, milyaran artikel jurnal, ratusan database, banyaknya kemasan informasi modern yang menarik dan sangat memanjakan para pemustaka yang tidak hanya dinikmati rakyatnya sendiri tetapi seluruh dunia.

5. Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Secara resmi Perpustakaan Nasional berdiri di pertengahan 1980, namun integrasi keseluruhan secara fisik baru dapat dilakukan pada Januari 1981. Tahukah kamu, jika kini gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terdiri dari 27 lantai, dengan tinggi gedung mencapai 126,3 meter, lho.

Nah, jumlah 27 lantai gedung perpustakaan terdiri dari 24 lantai di atas tanah dan tiga lantai di bawah tanah. Tinggi gedung setelah pembangunan ulang ini membuat gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Bahkan, tingginya mengalahkan tinggi gedung perpustakaan yang ada di Tiongkok.

Gedung perpustakaan yang berada di dekat pusat pemerintahan, yaitu di dekat Istana Negara menunjukkan pentingnya perpustakaan bagi bangsa Indonesia. Gedung hasil gagasan dari Presiden Soekarno ini rupanya tersedia berbagai buku di ruang baca, ruang teater, ruang pameran, hingga layanan khusus untuk anak-anak. 

Saat ini, Perpustakaan Nasional RI menjadi perpustakaan yang berskala nasional dalam arti yang sesungguhnya, yaitu sebuah lembaga yang tidak hanya melayani anggota suatu perkumpulan ilmu pengetahuan tertentu, tetapi juga melayani anggota masyarakat dari semua lapisan dan golongan. Walau terbuka untuk umum, koleksinya bersifat tertutup dan tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang.

Demikian, itu dia lima fakta menarik tentang Perpustakaan di Dunia. Banggakah kamu karena Indonesia masuk sebagai Perpustakaan tertinggi di dunia? Lantas, tertarikkah kamu untuk berkunjung ke sana? Atau apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya?  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *