Bidang Keilmuan Tertua yang Masih Eksis Hingga Kini

Eksistensi ilmu pengetahuan tidak lepas dari sejarah perkembangannya yang merupakan sebuah proses panjang tumbuh dan berkembangnya ilmu pengetahuan itu sendiri. Pada setiap fase perkembangan ilmu pengetahuan muncul sesuatu yang baru dan memiliki karakteristik di setiap masanya. Tentu hal itu tidak bisa lepas dari berbagai pengaruh sosial, budaya, dan politik yang berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri. 

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Dengan demikian, perkembangan Ilmu Pengetahuan dapat diperiodesasikan sesuai dengan dinamika yang ada yaitu periode Yunani kuno, periode Islam, periode renaisans dan modern, dan periode kontemporer. Nah, bidang ilmu atau keilmuan yang kini kita nikmati merupakan evolusi dan perkembangan bertahap dari bidang keilmuan yang dulu sudah dipraktikkan. Bahkan, di zaman kuno beberapa bidang ilmu sains sudah mereka pelajari dan diajarkan secara luas dan profesional.

Bidang keilmuan Sains apa saja yang dianggap tertua di dunia ya? yuk kita simak bersama, berikut adalah lima bidang keilmuan tertua di dunia yang masih eksis hingga kini:

1. Bidang Ilmu Kedokteran

Kedokteran merupakan cabang dari ilmu kesehatan yang mempelajari tentang mempertahankan kesehatan serta keselamatan nyawa manusia dan makhluk hidup lainnya. Dapat dikatakan bahwa kedokteran adalah suatu ilmu sekaligus juga seni yang mempelajari mengenai penyakit, serta mencari cara dari penyembuhannya.

Pastinya Ilmu Kedokteran yang ada pada zaman sekarang ini tidak muncul begitu saja. Karena Ilmu ini sudah dicari, dipelajari, serta dikembangkan selama ribuan tahun. Bahkan, kedokteran masuk dalam salah satu bidang ilmu tertua di dunia, loh. Dikutip dalam laman Britannica mengatakan bahwa dalam masa-masa awalnya ilmu kedokteran masih menggunakan tumbuh-tumbuhan herbal serta hewan dalam tindakan pengobatan, dan hal ini berkembang pada suatu kebudayaan masyarakat di tiap-tiap tempat.

Ilmu Kedokteran sendiri semakin lama semakin berkembang pada berbagai belahan dunia lainnya seperti di Tiongkok Kuno, India Kuno, Persia, Yunani Kuno, serta Mesir kuno. Sekitar abad ke 14, Ilmu Kedokteran mulai memasuki era baru, karena dilakukan pendekatan terhadap Sains. Hal ini tentu saja menuai pro kontra, karena tidak semua ilmuwan bisa menerima berbagai fakta tentang pendekatan Ilmu Kedokteran dengan Sains.

Lebih lengkapnya, Ilmu Kedokteran yang ada sekarang ini berkembang sekitar tahun 1800-an, kemudian di awal tahun 1900-an di Inggris (oleh William Harvey), Jerman (Rudolf Virchow), serta Prancis (Jean-Martin Charcot, Claude Bernard). 

Adapun, Ilmu Kedokteran modern saat ini atau Kedokteran Ilmiah (hasilnya sudah di uji coba) merupakan pengganti tradisi awal kedokteran Barat, herbalism, humorlasime Yunani, serta teori-teori pra-modern. Pusat perkembangan Ilmu Kedokteran juga seiring berjalannya waktu berganti ke Britania Raya serta Amerika Serikat pada awal abad ke 19 (dikembangkan William Osler, Harvey Cushing).

Praktek dari Kedokteran sendiri adalah kombinasi dari sains serta seni. Sains dan juga teknologi adalah dasar dari segala masalah klinis dalam masyarakat. Seni kedokteran merupakan gabungan dari ilmu kedokteran, intuisi, dan juga keputusan medis dalam menentukan diagnosis yang pas serta perencanaan perawatan dalam masing-masing pasien ketika merawat pasien yang sesuai dengan apa yang diperlukan.

Namun, ilmu kedokteran di zaman kuno tetap memberikan pengaruh yang besar terhadap ilmu kedokteran modern. Ada dokter-dokter zaman kuno yang memiliki kontribusi besar dalam keilmuan ini, di antaranya Hippokrates, Bian Que, Merit Ptah, dan Ibnu Sina. Mereka sangat berjasa dalam membangun fondasi keilmuan medis hingga saat ini.

2. Bidang Ilmu Astronomi

Belajar astronomi artinya kamu akan mempelajari tentang seperti apa asal usul, evolusi, sifat kimiawi dan fisik berbagai benda yang dapat kamu lihat di langit atau di luar bumi juga seperti apa proses yang dapat melibatkan seluruh benda tersebut. Astronomi juga merupakan cabang ilmu pengetahuan yang paling tua di bumi.  

Pada zaman manusia purba (sekitar puluhan hingga ratusan ribu tahun lalu), kejadian-kejadian alam mungkin dianggap sebagai kekuatan supranatural yang mustahil untuk dijelaskan. Bintang, matahari, bulan, cuaca, pergantian siang malam, semua hal yang berkaitan dengan astronomi akan dianggap ajaib dan di luar nalar manusia.

Astronomi baru dipelajari secara profesional dalam kaidah sains (ilmiah) pada zaman Yunani Kuno yakni pada abad ke-4 Sebelum Masehi, seperti ditulis dalam laman Ancient. Pada saat itu, Yunani juga belum memiliki peralatan canggih untuk melakukan observasi alam dan langit. Selain Yunani, ada Mesir dan Babilonia yang juga mulai mempelajari tentang ilmu astronomi secara profesional. Meskipun tidak semuanya akurat dan benar, setidaknya bangsa-bangsa kuno tersebut telah memberikan fondasi kuat tentang bagaimana belajar astronomi yang baik.

3. Bidang Ilmu Filsafat

Filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat eksistensial artinya sangat erat berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, dapat dikatakan filsafat lah yang menjadi motor penggerak kehidupan kita sehari-hari sebagai manusia pribadi maupun sebagai manusia kolektif dalam bentuk suatu masyarakat atau bangsa.

Ilmu filsafat muncul pertama kali di Yunani sejak ribuan tahun lalu. Plato dan Aristoteles merupakan filsafat terkenal dunia yang berasal dari Yunani. Dilansir laman Philosophy Now, keilmuan filsafat merupakan salah satu cabang ilmu yang saat ini berkembang cukup pesat. Hal ini terjadi karena filsafat dapat masuk pada ranah apa saja, mulai dari sains, teologi keagamaan, sampai psikologi.

4. Bidang Ilmu Olahraga

Apakah kamu suka dengan olahraga dan bercita-cita menjadi seorang atlet? Ya, jika kamu bercita-cita untuk menjadi atlet profesional, kamu bisa menekuni pendidikan khusus atlet sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Sepak bola, bulu tangkis, atletik, catur, bahkan masih banyak lagi bidang olahraga yang bisa kamu tekuni secara profesional.

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, setiap makhluk hidup sudah pasti melakukannya. Dalam melakukan aktivitas ini ada banyak jenisnya dari mulai yang termudah sampai yang tersulit. Sedangkan olahraga sendiri sudah ada dari zaman dulu.

Pengajaran tentang olahraga sudah ada ribuan tahun lalu, seperti olahraga panahan, gulat, tinju, renang, bahkan sepak bola. Pertandingan resmi bidang olahraga tercatat pernah dilakukan pada 760 Sebelum Masehi, seperti dicatat dalam laman Topend Sports. Hebatnya lagi, olahraga gulat ternyata sudah dilakukan 15 ribu tahun yang lalu.

Olahraga pada masyarakat kuno adalah untuk menciptakan kekuatan dan pengembangan kesadaran kelompok yang dilakukan oleh keluarga. Pada masyarakat ini olahraga merupakan sport utility yang berarti gerakan yang dilakukan adalah semacam olahraga namun fungsinya untuk mempertahankan diri untuk kelangsungan hidup. 

5. Bidang Ilmu Teknik Perkapalan

Teknik perkapalan adalah salah satu bidang keilmuan tertua di dunia. Bahkan, sejak ribuan tahun lalu, teknologi kapal sudah diaplikasikan secara baik untuk menunjang pelayaran dunia. Mulai dari Yunani, Mesir, India, Tiongkok, Babilonia, hingga Persia Kuno, semuanya memiliki armada laut berupa kapal yang terbilang canggih di zamannya.

Perakitan kapal kayu secara profesional diperkirakan dilakukan di Mesir 3500 tahun Sebelum Masehi atau sekitar 5500 tahun yang lalu, seperti ditulis laman UK Essays. Sebetulnya, ada kapal-kapal yang jauh lebih tua (berusia puluhan ribu tahun), namun pembuatan kapal tersebut belum memiliki standar kualitas pelayaran yang baik. Bisa dikatakan bahwa Mesir, Yunani, dan Tiongkok merupakan pelopor pembuatan kapal modern di dunia. Pasalnya kemampuan kapal-kapal kuno tersebut sungguh menakjubkan karena dapat dipakai untuk mengarungi ganasnya lautan sekaligus digunakan untuk berperang.

Itulah lima bidang keilmuan tertua yang masih eksis hingga kini. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Lantas, bidang keilmuan manakah yang paling kamu sukai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *