Robot Tercanggih yang Pernah diciptakan

Seiring berjalannya waktu, dunia selalu mengalami perubahan yang signifikan, terutama di bidang teknologi. Apalagi jika kamu coba tengok 10 tahun ke belakang atau lebih, banyak sekali produk teknologi dan layanan yang saat ini belum ada kala itu. Dengan berkembangnya zaman, maka teknologi-teknologi canggih secara perlahan mulai tumbuh. Tentu hal ini juga tak lepas dari kreativitas dan pengetahuan manusia sebagai penciptanya. 

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Teknologi yang kita maksud di sini bukan hanya sekadar mesin ya. Pasalnya, robot-robot tersebut juga memiliki kepintaran yang dapat membuat kagum masyarakat dunia. Bagaimana tidak, dengan adanya robot pekerjaan manusia bisa lebih mudah loh.

Berbicara tentang munculnya robot, sebenarnya, sejak zaman dahulu manusia sudah menggunakan robot untuk mempermudah segala aktivitas. Meskipun, robot yang ada di zaman dulu tidak secanggih zaman sekarang. Hal ini bisa kita lihat dengan bentuk robot di zaman dulu yang tak seperti saat ini. Bahkan, robot pada zaman dahulu tidak menggunakan sumber tenaga listrik dan menggunakan komputer sebagai otak untuk memproses data dan perintah.

Awal Mula Munculnya Robot

Awal munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang membuat patung yang dapat dipindah – pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibius, seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang dapat dipindahkan. Zaman Nabi Muhammad SAW pun, telah membuat mesin perang yang menggunakan roda dan dapat melontarkan bom. Nah, kira-kira robot tercanggih apa saja yang berhasil diciptakan? Nah, berikut adalah rangkuman mengenai para robot canggih yang ada di dunia.

1. Aibo

Untuk pertama kalinya Aibo diperkenalkan oleh perusahaan Sony pada tahun 1999. Aibo merupakan salah satu robot tercanggih yang cukup mencuri perhatian dunia. Selain karena bentuknya yang lucu, robot berbentuk seekor anak anjing peliharaan ini memiliki kecerdasan buatan yang mengagumkan, loh. Bahkan, Robot ini diketahui mampu menunjukkan berbagai emosi. 

Aibo telah melewati berbagai macam perubahan. Entah teknologi di dalamnya ataupun desain visualnya. Versi baru dari Aibo ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya 11 tahun yang lalu dengan teknologi yang semakin canggih. Aibo versi baru bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan anjing asli, misalnya berjalan, bersalaman, high five, duduk, menggoyangkan ekor, berkedip, bahkan mengejar bola.

Sebagai pengembangan dari versi lama, Aibo versi baru ini memiliki telinga panjang yang mampu bergerak, berbeda dengan versi lama yang telinganya tidak bisa bergerak. Selain itu, pada robot ini juga terdapat kamera di bagian hidung, 4 mikrofon suara, dan alat yang berfungsi untuk mengenali pemiliknya.

Aibo juga memiliki sensor sentuhan sehingga robot anjing ini akan bereaksi dengan cepat saat disentuh. Sensor ini terletak pada bagian kepala, dagu, punggung, dan telapak kaki. Bukan hanya itu saja, karena ternyata Aibo juga tersambung pada internet yang bisa dikoneksikan dengan smartphone, sehingga pemiliknya dapat berinteraksi dengan robot ini walaupun berada dalam jarak yang cukup jauh. Namun, pemilik harus melakukan sinkronisasi dulu melalui aplikasi My Aibo yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Selain diprogram untuk memiliki naluri, Aibo juga dapat dilatih melalui tindakan komunikasi, sehingga memungkinkan pemiliknya dapat membentuk pola perilaku yang unik. Sejak pertama kali dirilis, robot ini memang menjadi salah satu robot yang cukup diminati. Harga untuk setiap tipe unit sendiri cukup tinggi, yaitu sekitar 26-100 juta rupiah. Bagaimana, tertarikkah kamu dengan robot anjing yang lucu ini?

2. ASIMO

ASIMO merupakan salah satu robot humanoid berbentuk seperti astronot yang berhasil diciptakan oleh salah satu perusahaan raksasa asal Jepang, Honda. Proyek ASIMO sendiri diketahui membutuhkan proses yang cukup panjang, mulai dari tahun 1986 hingga kemudian berhasil dirilis pada tahun 2000 silam. Nah, sejak debutnya pada tahun 2000, Asimo telah menjadi simbol dari perintis teknologi robot Jepang. 

Diketahui, sejak pertama kali muncul, ASIMO memang sempat mencuri perhatian dunia karena kemampuannya yang luar biasa. Selain dapat berbicara, robot setinggi 120 cm dengan lebar 45 cm ini diketahui mampu melakukan beberapa gerakan seperti berjalan, menaiki dan menuruni anak tangga, berlari, menghindari tabrakan, bahkan bergerak secara mandiri tanpa harus dioperasikan oleh manusia.

Melalui sensor audiovisual yang semakin canggih, robot Asimo mampu mengenali suara beberapa orang secara bersamaan saat mengobrol dalam sebuah grup. Ia juga dapat mendeteksi pergerakan orang-orang saat sedang berjalan. Kemudian secara otomatis berjalan ke arah berbeda untuk menghindari tabrakan. Wah, canggih sekali ya?

3. Sanbot

Sanbot merupakan robot humanoid service yang dikembangkan oleh perusahaan QIHAN Technology, Tiongkok. QIHAN sendiri adalah perusahaan yang memfokuskan diri pada pengembangan teknologi robot, kecerdasan buatan, dan juga analisis video. Sanbot merupakan robot berbasis AI yang mampu melakukan berbagai fungsi. 

Sanbot dirancang dan dibangun oleh perusahaan robot Qihan yang berbasis di Shenzhen, Cina. Sanbot di desain untuk bisa berinteraksi dengan manusia dalam jangkauan luas. Selain itu, Sanbot juga bisa menerjemahkan 28 bahasa dan tersambung dengan sistem cloud milik Qihan. Karena kemampuannya tersebut, Sanbot dianggap mampu menunjang berbagai aktivitas di beberapa bidang pekerjaan. Mulai dari ritel, pendidikan, kesehatan, keamanan hingga industri berorientasi pelanggan yang ingin menghadirkan layanan cerdas dan personal.

4. Pepper

Robot tercanggih di dunia selanjutnya datang dari perusahaan CARESSES yang bekerja sama dengan SoftBank Robotics. Robot dengan kecerdasan buatan ini pertama kali diperkenalkan di Tokyo pada tahun 2014. Robot ini memungkinkan untuk bisa melakukan komunikasi. Robot ini juga di program untuk bisa memahami emosi manusia.

Benar sekali, robot tercanggih di urutan keempat adalah Pepper. Pepper merupakan robot berbentuk manusia yang dirancang untuk menjadi pendamping manusia dalam kehidupan sesungguhnya. Robot dibuat agar tampak seperti seorang manusia yang baik hati, menawan dan penuh dengan kejutan. Sebagai robot humanoid pertama yang mampu menganalisa emosi atau perasaan manusia dan mampu beradaptasi dengan suasana hati lawan bicaranya, Pepper sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis seperti menghibur dan menyambut para pelanggan yang datang.

Karena kemampuannya tersebut, Pepper telah banyak digunakan untuk membantu pelayanan di berbagai perusahaan. Mulai dari Rumah Sakit, pusat perbelanjaan, bank, dan bandara. Sampai tahun 2018, Pepper sendiri telah terjual sebanyak 12.000 unit ke berbagai negara di Eropa. Pepper menjadi salah satu robot yang dipekerjakan untuk membantu manusia.

5. Alpha Dog

Alpha Dog merupakan robot yang berbentuk seperti seekor anjing besar, tidak peduli jika kamu mengabaikannya, robot ini telah berkembang sepenuhnya menjadi sebuah robot raksasa. Robot yang mampu berjalan dengan kaki dan mampu berdiri hingga setinggi dada orang dewasa ini dikembangkan oleh Boston Dynamics. Selain itu, juga mampu membawa muatan seberat 400 pound atau 181 kilogram dan mampu bertahan tanpa terjatuh meskipun ditendang dengan keras.

Saksikan prototipe Alpha Dog yang terbaru dalam aksinya pada video di bawah ini. Sebagai bagian dari proyek legged squad support system (LS3) milik Boston Dynamics yang dibiayai oleh DARPA dan korps Marinir Amerika Serikat, robot ini ditakdirkan untuk membantu tentara di dalam medan pertempuran, dengan membawa perlengkapan dan amunisi. Meskipun masih jauh dari kata siap, namun Alpha Dog benar-benar memberikan kesan sebagai robot yang mampu menggantikan peran binatang dalam mengangkut beban di segala medan.

Demikian, lima Robot tercanggih di dunia yang menarik untuk diketahui. Menurut kamu, robot manakah yang paling canggih dan layak mendapat julukan robot tercanggih di dunia? Nah, perlu kalian ketahui bahwa robot-robot di atas terus mengalami perkembangan hingga sekarang dan pastinya akan semakin canggih lagi. Oke, kita nantikan bersama yuk bagaimana glow up nya robot-robot di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *