Museum Bersejarah Populer di Dunia

Bisa dibilang, museum merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di dunia. Bukan sekadar tempat wisata biasa, Pengunjung juga bisa belajar sejarah, melihat karya seni hingga arsitektur dalam museum. Rasanya museum seolah menjadi lokasi yang tepat untuk menambah ilmu sekaligus berwisata.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Pada dasarnya, Museum dibangun dan didirikan demi melestarikan memori, objek, ataupun sebagai pengingat peristiwa – peristiwa penting yang terjadi di berbagai belahan bumi. Museum juga menjadi salah satu tempat wisata yang membuat kita kaya akan ilmu pengetahuan, dan bisa menjadi pilihan kalian untuk melakukan perjalanan ketika mengunjungi negara-negara tempat museum tersebut berada.

Kenali Pentingnya Peran Museum 

Keberadaan museum sangat penting karena bangunan ini adalah rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir serta kreativitas masyarakat. museum juga berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta terhadap negara mereka, serta menjadi objek wisata yang mengedepankan unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya. 

Keberadaan museum di dunia juga bisa disebut sebagai tempat saksi bisu terhadap kegiatan yang terjadi pada zaman dahulu. Nah, kira-kira museum bersejarah populer mana saja yang ada di dunia ya? Yuk simak bersama, berikut museum bersejarah populer di dunia yang wajib kalian ketahui :

1. Museum Fatahillah, Indonesia

Kita mulai dari ibu kota negara Indonesia yaitu Jakarta. Sebagai ibu kota, Jakarta menyimpan begitu banyak sejarah. Salah satunya yaitu Museum Fatahillah atau juga  yang disebut Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Pada tahun 1707 – 1712, museum ini dibangun di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat dengan dipimpin oleh Gubernur Jenderal Van Hoorn dan tepat pada 30 Maret 1974 bangunan ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Di dalam bangunan tua ini, kalian bisa menemukan perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Tiongkok, dan Indonesia. Tidak hanya itu, kamu juga menyaksikan keramik, gerabah, dan batu prasasti di zaman Hindia Belanda. 

Di sisi lain, kalian juga bisa menjumpai berbagai koleksi ruang dan patung Dewa Hermes (menurut mitologi Yunani, merupakan dewa keberuntungan dan perlindungan bagi kaum pedagang) yang tadinya terletak di perempatan Harmoni dan meriam Si Jagur yang dianggap mempunyai kekuatan magis. 

2. Hermitage Museum, Saint Petersburg

Museum Hermitage atau The State Hermitage Museum merupakan museum seni tertua dan terbesar di dunia yang sudah berdiri sejak tahun 1764, ketika Maharani Yekaterina II membeli banyak sekali koleksi seni dari seorang pedagang asal Berlin. Bangunan tua yang berada di Saint Petersburg, Rusia, memiliki lima bangunan yang bisa kamu jelajahi seperti Small Hermitage, Old Hermitage, New Hermitage, Winter Palace dan General Staff Buildin. 

Hermitage dikabarkan memiliki 3 juta karya seni dari berbagai era yang ditempatkan di 350 ruangan. Bahkan, kamu membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melihat satu per satu koleksi yang ada di museum ini, lho. Hermitage juga menyimpan koleksi terbesar karya Rembrandt van Rijn seperti The Return of the Prodigal Son dan juga lukisan Madonna Karya Leonardo da Vinci. 

3. Museum Louvre (Musée du Louvre), Prancis

Prancis memang terkenal dengan karya seni nya, sehingga membuat beberapa desainer ataupun pelaku seni melihat Prancis sebagai sumber inspirasi mereka. Nah, salah satu museum tersohor dunia juga berada di sini, sob. Benar sekali dia adalah Museum Louvre, yakni sebuah museum paling ikonik di dunia

Museum ini pertama kali dibangun oleh Raja Philip II pada akhir abad ke-12. Musée du Louvre merupakan sebuah museum yang awalnya dibangun sebagai benteng abad ke-12, lalu diubah menjadi sebuah istana kerajaan di abad ke-14. Tepat di depan pintu masuk bangunan kebanggaan Prancis ini dibangun Piramida Louvre. Piramida ini merupakan sebuah piramida kaca dan besi besar, dikelilingi oleh tiga piramida kecil.

Piramida Louvre selesai dibangun tahun 1989, bangunan ini menjadi markah tanah bagi kota Paris. Kamu dapat menemukan beragam peninggalan sejarah seni di dalam museum ini, salah satu yang terkenal adalah lukisan Mona Lisa yang dilukis oleh Leonardo Da Vinci.

4. Museum Vatikan, Italia

Museum Vatikan menjadi salah satu museum dengan koleksi seni terbanyak di dunia. The Vatican Museums merupakan museum seni tersohor di dunia karena menyimpan koleksi karya Michelangelo. Tercatat, Museum ini berisi sekitar 70.000 karya, namun hanya 20.000 karya yang dipamerkan, dan saat ini mempekerjakan 640 orang yang bekerja di 40 departemen administrasi, ilmiah, dan restorasi yang berbeda.

Asal mula salah satu museum tersohor dunia ini bisa ditelusuri pada sebuah patung marmer yang dibeli 500 tahun yang lalu. Patung tersebut adalah Patung Laocoön, yakni sebuah patung dengan ukiran kuno paling terkenal di Roma, Italia, sejak tahun 1506; dan sekarang masih dipajang di Vatikan.

5. Rijksmuseum, Belanda

Rijksmuseum menjadi salah satu museum populer di dunia yang berada di Belanda dan menjadi salah satu museum terbaik di dunia yang berdiri sejak 200 tahun lalu. Dalam bahasa Indonesia, “Rijksmuseum” berarti Museum Nasional. Jika kalian masuk ke dalam bangunan tua ini, kalian akan mendapati berbagai karya seni dan sejarah yang ada di Amsterdam. 

Museum ini tercatat sebagai museum yang paling banyak dikunjungi di Belanda. Bagaimana tidak, Di dalamnya banyak koleksi museum yang sangat beragam di antaranya adalah beberapa karya oleh Rembrandt, Frans Hals, dan Johannes Vermeer. Bahkan, tak hanya dari Belanda saja, karena museum ini juga menyimpan koleksi Asia yang dipajang di paviliun Asia.

6. National Museum of Anthropology, Meksiko

Selain dikenal dengan kota metropolis yang penuh intensitas dan inovasi, Meksiko juga merupakan lokasi tempat berdirinya salah satu museum yang paling penting di negara ini yaitu Museo Nacional de Antropologia atau Museum Nasional Antropologi (MNA).

Perlu kalian ketahui, bahwa museum yang berada di Mexico ini menjadi museum terbesar di Kawasan Amerika Tengah yang menyimpan berbagai artefak dan catatan peradaban Meksiko sejak masa pra-sejarah hingga masa sebelum kedatangan Spanyol ke benua Amerika. 

Selain itu, MNA juga menyimpan koleksi seni Meksiko kuno terbesar di dunia dan memiliki pameran etnografi tentang kelompok pribumi Meksiko saat ini. Diantara banyak benda kuno yang paling ramai dikunjungi adalah Batu Matahari atau Kalender Aztec, Rekreasi makam Pakal di ruang pameran Maya dan Topeng giok Dewa Kelelawar Zapotec di ruang pameran Oaxaca.

Nah, dapat dikatakan segala peninggalan sejarah yang bisa kamu nikmati di museum membawa arti untuk mengenang kembali dan mengetahui bagaimana kehidupan sebelum saat ini. Museum membuat kita belajar untuk memberikan rasa hormat kepada pendahulu kita, dan mempelajari kesalahan manusia di masa lalu agar tidak terulang lagi. Jadi gimana nih, kalian berniat pergi ke Museum mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *