5 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Seperti diketahui, setiap negara di dunia memiliki luas wilayah yang berbeda. Ada negara yang memiliki wilayah sangat luas, dan ada pula negara dengan wilayah yang terbilang kecil. Nah, Luas wilayah tersebutlah yang menjadi tolak ukur besarnya suatu negara. Luas wilayah suatu negara diukur berdasarkan total area, wilayah daratan, dan daerah perairan.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Total area merupakan jumlah wilayah daratan dan perairan dalam batas-batas internasional dan garis pantai. Wilayah daratan adalah total semua daratan dalam batas-batas internasional dan garis pantai, tidak termasuk wilayah perairan. Sementara, daerah perairan adalah jumlah luas permukaan air berupa danau, waduk, dan sungai dalam batas-batas internasional dan garis pantai. 

Negara Terbesar di Dunia 

Berbicara soal negara terbesar di dunia, pasti akan terlintas pertanyaan apakah Indonesia masuk ke dalam kategori tersebut? Secara Indonesia memiliki daratan dan perairan yang luas bukan? Nah, kalau mau tau jawabannya, simak sampai habis ya! Berikut adalah lima negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya:

1. Rusia

Rusia yang saat ini menginvasi Ukraina merupakan negara terluas di dunia, lho. Seperti diketahui, negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin tersebut memiliki luas sembilan kali luas Indonesia, yakni dengan total area mencapai 17,1 juta km persegi yang membentang di bagian utara benua Eurasia. 

Negara pemilik benteng abad pertengahan aktif terbesar di dunia ini tercatat memiliki sebanyak 77% wilayah Rusia ada di Asia, sedangkan 23% wilayah terletak di Eropa. Lanskap Rusia bervariasi dari gurun hingga garis pantai yang membeku, pegunungan tinggi, hingga rawa-rawa besar.

2. Kanada

Negara terbesar di dunia yang kedua adalah Kanada, dengan total area sebesar 9,985 juta km² atau 6,1% dari total daratan dunia. Kanada adalah sebuah negara di Amerika Utara, yang menempati kira-kira dua perlima bagian utara benua Amerika Utara. Negara ini juga dikelilingi dengan samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik.

Lanskap Kanada sangat bervariasi yakni dengan pegunungan, dataran, lembah berhutan, dan sungai serta danau biru yang indah. Nah, dengan luas wilayah yang dimilikinya, maka tak heran jika kekayaan sumber daya alam yang melimpah dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

3. Amerika Serikat 

Negara di bawah pimpinan Biden masuk ke dalam daftar negara terbesar ketiga di dunia dengan luas wilayah 9,834 juta km². Memang jika kita amati, Ukuran AS hampir sama dengan China. Namun, ternyata AS memiliki luas total yang lebih besar daripada China, karena memiliki wilayah perairan pesisir dari pulau dan negara bagian Amerika.

Amerika Serikat dibagi menjadi 50 negara bagian, di mana masing-masing memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Lanskap AS juga bervariasi, yaitu mulai dari pantai tropis di Florida hingga puncak di Pegunungan Rocky, dari tanah, padang rumput dan gurun tandus di Barat hingga daerah hutan belantara di Timur Laut dan Barat Laut.

4. Cina 

Urutan keempat negara terbesar di dunia yaitu Cina, dengan total area mencapai 9,597 juta km². Berbicara soal total luas wilayahnya, Cina memang kalah dari AS. Namun, berdasarkan luas daratan, rupanya Cina lebih besar dari AS. Karena Cina memiliki luas daratan 9,3 juta kilometer persegi atau 2,2% lebih besar dari luas daratan AS sebesar 9,1 juta kilometer persegi. 

Diketahui, sepertiga wilayah daratan Cina terdiri dari pegunungan. Atau lebih tepatnya, kondisi geografis Cina meliputi pegunungan, dataran tinggi, gurun pasir, dan hutan lebat. Dengan begitu, gurun, sungai, pantai, ngarai yang dalam, dan dataran subur semuanya membentuk lanskap Cina yang unik dan indah.

5. Brasil 

Brasil merupakan negara terbesar kelima di dunia dengan total wilayah sebesar 8.516 juta km². Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian, 62,4% atau sekitar 519.522.000 hektare lahan di Brasil merupakan hutan. Bahkan, salah satu hutan terbesar di dunia berada di sini loh. Kalian tau kan tentang hutan Amazon itu?

Nah, dengan wilayah yang luas, negara ini berhasil memanfaatkan sepertiganya menjadi ladang kopi. Karena itu, Brasil pun menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tak hanya itu, luas wilayah yang dimilikinya juga menjadi penyebab negara ini berbatasan dengan banyak negara lain.

Untung dan Rugi Memiliki Wilayah yang Luas

Rupanya memiliki wilayah yang luas sangat menguntungkan bagi negara tersebut ya? Entah dari segi kekayaan alamnya, keanekaragaman budaya, strategis di jalur perdagangan dunia atau bahkan peluang kerjasama ekonomi di wilayah perbatasan laut maupun darat dengan negara tetangga. 

Faktanya, bukan hanya keuntungan saja yang didapat, karena dengan wilayah yang luas juga memiliki kerugian loh. Misalnya, banyak budaya asing yang masuk membuat keaslian budaya negara tersebut hilang, eksploitasi alam juga akan terjadi secara besar-besaran, serta tidak meratanya persebaran penduduk yang ada di negara tersebut.

Indonesia Berada di Posisi Berapa?

Meskipun, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sehingga bisa dianggap Indonesia itu negara yang luas. Namun, bila dibandingkan dengan kelima negara di atas, wilayah Indonesia masih kalah luas. Lantas, yang menjadi pertanyaan adalah Indonesia berada di posisi berapa ya? 

Berdasarkan data dari Worldometers, Indonesia menempati peringkat 15 negara terbesar atau terluas di dunia. Dengan luas Indonesia adalah 1.904.569 Km² dan luas darat 1.811.570 Km². Artinya, luas Indonesia adalah sekitar 1,2 persen dari luas daratan dunia.

Demikian, itu dia lima negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya yang wajib kamu ketahui. Selain itu, kita juga bisa mengetahui bahwa setiap negara pasti mempunyai wilayah yang luas serta sempit yang mempunyai keuntungan serta kerugian, tergantung dari pengelolaan dan pengawasan dari pemerintah masing-masing negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *