Penemuan Ilmuwan Fisika yang Kita Pakai Sehari-hari

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang sifatnya fundamental bagi teknologi. Ilmu fisika juga memiliki makna utama atau hakikat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat ilmu fisika mendasari berbagai teknologi modern manusia bersamaan dengan perkembangan peradaban.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Dapat dikatakan bahwa Fisika adalah ilmu yang memiliki peranan penting, karena mempelajari apa yang ada di bumi mulai dari fenomena alam, teknologi yang sangat bermanfaat bagi manusia. Fisika dalam bahasa Yunani adalah “Fsykos” yang artinya alamiah dan “Fysis” yang artinya alam. Dalam bahasa Inggris yaitu Physics artinya sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu. Tujuan fisika adalah memahami bagaimana alam bekerja (Wikipedia).

Penemuan Ilmuwan Fisika yang Sering Kita Pakai

Tahukah kamu bahwa ada begitu banyak teknologi dan penemuan sains yang kita pakai untuk membantu kehidupan kita sehari-hari? Bahkan, sebagian orang tidak menyadari bahwa teknologi yang kita pakai merupakan temuan dari para ilmuwan di berbagai bidang. Lantas, penasarankah kalian dengan ilmuwan yang berada di balik penemuan tersebut? Agar rasa penasaran kamu terobati, yuk simak penjelasan berikut:

1. Penemuan Sepeda Motor

Sepeda motor saat ini merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di dunia. Jika kita amati, perkembangan sepeda motor terus menerus mengalami perkembangan dari tahun ke tahunnya, baik dari sisi bentuk maupun teknologi yang digunakan. Sepeda motor banyak kita jumpai di negara-negara Asia Tenggara, loh. Bahkan, di beberapa negara, moda transportasi utama yang digunakan adalah sepeda motor. 

Melansir dari laman Bicycle History, mencatat bahwa cikal bakal sepeda motor ditemukan di Eropa pada 1868 oleh ilmuwan asal Prancis bernama Ernest Michaux. Nah, sebelumnya, pada 1860, ayah dari Ernest yang bernama Pierre Michaux sudah menemukan konsep mengenai sepeda dengan mesin atau rotor penggerak.

Lalu, pada 1885, dua orang ilmuwan dan ahli mesin asal Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach menjadi perakit sepeda motor pertama di dunia. Pada era 1900-an, Jepang juga memulai studi dan penelitian untuk menciptakan sepeda motor buatan mereka sendiri. Pada 1950-an, pabrikan motor asal Jepang sudah mulai menguasai dunia.

2. Penemuan Mobil

Siapa penemu mobil pertama di dunia? Rasanya pertanyaan ini tak semua orang bisa menjawabnya, karena tidak semua orang tahu penemu mobil yang sebenarnya. Padahal saat ini kendaraan roda empat sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Desain kabin dengan fitur AC dan keamanan bisa didapatkan dengan mudah. 

Namun, dilansir dari laman Britannica, pada abad ke-15, Leonardo da Vinci lebih dulu memiliki konsep akan sebuah kendaraan yang bisa bergerak secara mekanis. Lalu, pada 1760, seorang pendeta asal Swiss bernama J.H. Genevois menciptakan gerobak dengan kincir angin di belakangnya sebagai tenaga penggerak dari gerobak beroda empat tersebut.

Pada 1600-an, seorang fisikawan Jerman bernama Otto von Guericke menemukan sistem pompa yang melibatkan piston logam, silinder, dan batang penghubung yang dijadikan komponen dasar bagi sistem kerja mesin bolak-balik. Nah, pompa inilah yang menjadi cikal bakal kompresor yang digunakan pada mobil-mobil kuno.

Catatan sejarah membuktikan bahwa penemu mobil pertama adalah Nicolas Joseph Cugnot, yakni ilmuwan Prancis yang menemukan mobil roda tiga dengan penggerak tenaga uap. Cugnot berhasil menciptakan kendaraan sederhana tersebut pada 1769. Di tahun-tahun berikutnya, perkembangan mobil semakin maju dan canggih.

Sementara, ilmuwan Jerman bernama Karl Friedrich Benz merupakan orang yang menggagas mobil roda empat pertama di dunia. Pada 1886, Karl Benz dan mitra-mitranya menciptakan mobil sederhana yang sudah digerakkan dengan mesin mekanis. Era inilah yang menjadi tonggak sejarah peralihan antara mobil bertenaga uap dan mobil bertenaga mesin mekanis.

3. Penemuan Konsep Pendinginan Mekanis

Lemari pendingin atau kulkas merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang sering kita gunakan sehari-hari. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata konsep pendinginan telah dilakukan oleh manusia sejak lama, loh. Di mana pendinginan yang dilakukan saat ini umumnya bertujuan untuk pengawetan bahan makanan ataupun untuk mendinginkan air.

Berbicara mengenai sejarah mesin pendingin, ternyata untuk menjadi sesempurna saat ini, mesin pendingin telah melalui beberapa tahapan. Di mana perjalanan panjang di mulai dari seorang ilmuwan Skotlandia bernama William Cullen dari Glasgow University di tahun 1784. Pada kala itu, untuk pertama kalinya ia mencoba merancang sebuah alat pendingin untuk dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada makanan.

Pengembangannya ini kemudian diperbaharui oleh Oliver Evans tahun 1805, yang mencoba melakukan pendinginan bukan dengan cairan, namun dengan uap. Tidak berhenti sampai di situ, Jacob Perkins, seorang fisikawan dan juga mechanical engineer yang juga berasal dari Amerika, menyempurnakannya lagi dengan membuat sebuah pendingin berbentuk mesin di tahun 1834. Ia menggabungkan eter dan tekanan uap air untuk menghasilkan pendinginan, dan hal tersebut ternyata berhasil.

Sebelum aman digunakan seperti pada masa sekarang ini, mesin pendingin juga pernah melewati masa-masa terburuknya. Mesin pendingin yang dikembangkan oleh Carl von Linden tahun 1876 pernah dianggap berhasil. Ia memanfaatkan zat-zat kimia seperti amonia, sulfur dioksida sebagai alat dan bahan dalam proses pembekuan membekukan air. Namun sayangnya, hal tersebut berbahaya.

Pada era 1920-an, mesin pendingin yang menggunakan freon atau CFC berhasil dikembangkan. Namun lagi-lagi, freon dianggap dapat merusak lapisan ozon. Untuk itu dibutuhkan pengembangan lanjutan sampai akhirnya ditemukan Hydro Fluoro Carbon (HFC) yang diklaim lebih ramah lingkungan dan banyak digunakan untuk mesin pendingin hingga saat ini.

4. Penemuan Kompor

Kompor adalah piranti mematangkan masakan yang sudah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Jika berbicara tentang sejarah kompor, kita harus membahas juga akan sejarah perkembangan dapur. Singkatnya, bentuk dapur seperti yang dimiliki oleh rumah-rumah modern masa kini, lahir sekitar 150 hingga 200 tahun yang lalu. Tentu saja, dapur masa lalu, lebih sederhana peralatannya dibanding dapur masa kini.

Oke, kita kembali lagi dengan sejarah penemuan kompor ya. Pada 1490, kompor yang tampak modern sudah dibuat di era Skandinavia kuno. Mereka membuat kompor dengan batu bata, ubin, dan cerobong besi untuk mengalirkan hawa panas serta asap ke luar ruangan. Nah, dalam sejarahnya, rupanya kompor berkembang menjadi sebuah perangkat yang jauh lebih praktis. Bahan bakarnya menggunakan gas, listrik, bahkan panas Matahari.

Alexis Soyer adalah ilmuwan sekaligus koki asal Prancis yang berhasil merancang kompor modern berbahan bakar minyak pertama di dunia pada 1840-an. Nah, pada 1851, kompor yang ditemukan oleh Soyer tersebut dikembangkan menjadi kompor gas. Sejak itu, pemakaian kompor gas semakin dikenal luas di Eropa. Bahkan, pada 1859, ilmuwan Amerika George B. Simpson mematenkan kompor listrik pertama di dunia.

5. Penemuan Komputer

Pernahkah kalian berpikir bagaimana jadinya apabila di kehidupan yang modern ini tidak ada perangkat bernama “komputer”? Ya, saat ini kita sudah banyak bergantung pada komputer, agar pekerjaan bisa lebih efisien. Namun, apakah kamu tahu awal mula penemuan komputer di dunia? Menilik dari sejarahnya, komputer sendiri sebenarnya sudah dirancang ratusan tahun silam. Live Science menulis bahwa komputer kompleks pertama dibuat di Amerika Serikat pada 1880.

Namun, saat itu, fungsi komputer hanyalah sebagai penghitungan angka. Ide membuat alat hitung ini didasarkan pada fakta bahwa jumlah populasi AS kala itu bertambah dengan sangat masif sehingga dibutuhkan sistem penghitungan sensus penduduk yang lebih akurat ketimbang manual.

Bahkan, di abad yang sama, ilmuwan Inggris Charles Babbage sudah mulai mengembangkan peralatan hitung sederhana yang menggunakan mesin uap untuk menghitung tabel angka. Tonggak sejarah penciptaan komputer terjadi pada 1936 di tangan Alan Turing, seorang ilmuwan dan ahli matematika yang juga berasal dari Inggris.

Sejak 1936 sampai saat ini, perkembangan kecanggihan komputer sudah sangat maju dan seolah tak terbendung. Pada dekade 1970-an, ada nama-nama besar, seperti Steve Jobs, Bill Gates, Paul Allen, Alan Shugart, Robert Metcalfe, dan Steve Wozniak, yang terus berinovasi dalam mengembangkan sistem komputer digital dan dipakai hingga saat ini.

6. Penemuan GPS

Seperti yang diketahui, Global Positioning System (GPS) adalah teknologi yang memudahkan kita bernavigasi saat berkendara. Di awal perkembangannya, teknologi GPS digunakan untuk sistem navigasi global kendaraan militer, baik darat maupun udara. Sementara penggunaan GPS bagi warga sipil kala itu masih terbatas. 

Tapi kini, teknologi GPS bisa dipakai semua orang yang memiliki smartphone dan koneksi internet. Kalian pasti tau ojek online kan? Nah, mungkin tanpa adanya GPS kamu tak bisa menggunakan layanan ojol yang praktis dan ekonomis seperti saat ini. Ya meski GPS terbilang cukup berpengaruh bagi keseharian manusia, tapi tak semua orang tahu sejarahnya, lho.

Oke, Cikal bakal GPS diawali oleh penemuan para ilmuwan Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat. Di tahun 1957, ilmuwan MIT menemukan frekuensi sinyal radio satelit Sputnik Rusia yang naik turun saat mendekat dan menjauh. Efeknya sama seperti mendengar suara klakson yang berubah seiring mobil melaju. Lalu, Sistem navigasi GPS pertama kali dirancang pada tahun 1970 oleh Departemen Pertahanan Militer Amerika Serikat. 

Di tahun 1974, satelit GPS pertama diluncurkan di Amerika, disusul oleh beberapa satelit di tahun-tahun berikutnya. Semua satelit yang diluncurkan ke angkasa membentuk konstelasi yang menjangkau segala penjuru. Barulah di tahun 1994, para ilmuwan mengumumkan sistem GPS telah dapat beroperasi sepenuhnya.

Sosok yang paling berpengaruh dalam penemuan teknologi GPS adalah Ivan Getting, salah satu ilmuwan MIT. Di bawah arahan Dr. Getting, insinyur dan ilmuwan Aerospace mempelajari penggunaan satelit sebagai dasar sistem navigasi untuk kendaraan yang bergerak cepat dalam gambaran tiga dimensi, yang pada akhirnya mengembangkan konsep yang penting bagi teknologi GPS. Di tahun 1999, perusahaan ponsel Benefon meluncurkan ponsel pertama yang dilengkapi layanan GPS komersil, ponsel tersebut dijuluki Benefon Esc.

7. Penemuan Sistem kelistrikan

Listrik merupakan bagian penting dari kehidupan manusia saat ini. Peran dari penemu listrik membuat teknologi ini banyak dikenal dan dimanfaatkan bagi kehidupan. Penemu listrik adalah tokoh yang memberikan banyak pengaruh bagi teknologi listrik. Dalam sejarah penemuan listrik, banyak peneliti yang turut mendedikasikan ide dan tenaganya.

Nah, setidaknya ada beberapa nama ilmuwan besar yang berada di balik penemuan sistem kelistrikan ini. Mereka adalah Thomas Edison, Nikola Tesla, Michael Faraday, Alessandro Volta, Benjamin Franklin, dan George Westinghouse.

Bahkan, Universe Today dalam lamannya mengungkap bahwa sebetulnya sistem kelistrikan sudah ditemukan sejak tahun 600 Sebelum Masehi oleh ilmuwan Yunani kuno. Pada saat itu, ilmuwan Yunani kuno akan menggosokkan dua objek benda, yakni bulu dan ambar (resin pohon). Akhirnya, mereka mengerti bahwa gesekan tersebut bisa menghasilkan sistem listrik statis.

Jadi, itu dia tujuh penemuan ilmuwan fisika yang sering kita pakai sehari-hari. Sebenarnya masih banyak lagi penemuan lainnya, kapan-kapan kita bahas ya. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah dan memperkaya wawasan kamu! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *