Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia

Negara-negara yang memiliki senjata nuklir selalu menjadi isu yang sensitif dan diperhatikan oleh seluruh dunia. Kekhawatiran ini terutama disebabkan oleh kekuatan yang dimiliki senjata nuklir untuk merusak dan mengancam keamanan global. Pemilik senjata nuklir dianggap sebagai negara-negara yang sangat berpengaruh dan ditakuti oleh banyak pihak, karena kekuatan dan potensi kerusakan yang dapat dihasilkan oleh senjata nuklir.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Negara-negara yang memiliki senjata nuklir seringkali terlibat dalam persaingan kekuasaan, konflik militer, atau sebagai alat pengamanan nasional. Keberadaan senjata nuklir yang dimiliki oleh negara-negara tersebut dapat menjadi sumber ketegangan dan bahkan konflik antar-negara, serta mengancam perdamaian dunia. Karena itu, pemilik senjata nuklir terus diawasi dan dipantau oleh badan-badan internasional untuk memastikan bahwa senjata tersebut digunakan secara bertanggung jawab dan tidak menimbulkan ancaman terhadap negara-negara lain dan keamanan global.

Lantas, dengan uraian di atas, kira-kira negara mana saja yang memiliki senjata nuklir terbanyak di dunia ya? Nah, simak penjelasan berikut ini.

Negara dengan Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia

Perlu kalian ketahui bahwa nuklir pertama kali dibuat pada Agustus 1942 oleh Amerika Serikat dalam sebuah proyek yang disebut Manhattan Project. Percobaan bom nuklir pertama dilakukan di gurun pasir di negara bagian New Mexico pada bulan Juli 1945 dan lokasi ini disebut Situs Trinity.

Setelah itu, bom nuklir yang sudah berhasil melewati masa percobaan, digunakan Amerika Serikat dalam misi serangan balasan kepada Jepang, dengan melakukan pengeboman pada 6 dan 9 Agustus 1945 di Hirosima dan Nagasaki. Di mana aksi ini menjadi peristiwa kelam dan bersejarah bagi Jepang dan masyarakat dunia.

Pada Agustus tahun 1949, Uni Soviet juga berhasil mengembangkan bom nuklir. Mereka melakukan percobaan nuklir di Semipalatinsk (sekarang Kazakhstan). Dari sinilah banyak negara berbondong-bondong mengembangkan senjata nuklir tersebut. Bahkan, kini ada beberapa negara yang menyandang predikat sebagai pemilik senjata nuklir terbanyak di dunia, loh. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Rusia

Negara dengan julukan Negeri Beruang Merah berhasil menjadi negara pertama yang memiliki senjata nuklir terbanyak di dunia. FYI, bila jumlah senjata nuklir yang disajikan dalam tulisan ini adalah perkiraan yang dinyatakan dalam deklarasi Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) pada September 2021. Di mana Rusia melaporkan 1.458 hulu ledak strategis yang dikerahkan pada 527 rudal balistik antarbenua, rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam, dan pengebom strategis.

Namun, menurut perkiraan Federasi Ilmuwan Amerika (FAS) pada Januari 2021, persediaan militer Rusia terdiri dari sekitar 4.497 hulu ledak nuklir, dengan tambahan 1.760 hulu ledak yang tak lagi digunakan dan menunggu pembongkaran. Jadi, diperkirakan Rusia memiliki 6.257 senjata nuklir, dengan 1.458 aktif, 3.039 tersedia serta 1.760 tidak berfungsi atau pensiun. 

Sebagai negara pecahan sekaligus pewaris resmi dari Uni Soviet yang bubar pada 1991. Jumlah hulu ledak nuklir yang dimiliki Rusia disebut menurun drastis dibandingkan saat Uni Soviet masih berdiri. Ketika itu Uni Soviet memiliki 45.000 hulu ledak nuklir di tahun 1986.

Tsar Bomba – senjata nuklir yang dikembangkan Uni Soviet pada awal 1960an merupakan hulu ledak nuklir terkuat yang pernah dibuat dan diuji coba. Tsar Bomba ini memegang rekor ledakan artifisial terbesar buatan manusia sepanjang sejarah dengan kekuatan mencapai 50 megaton.

Pada tahun 2015, beredar informasi bahwa Rusia mengembangkan senjata nuklir baru dengan kekuatan hingga 100 megaton atau dua kali Tsar bomba. Sistem Senjata Status-6 disebut didesain mampu menciptakan gelombang tsunami setinggi 500 meter dan menyebarkan awan radioaktif di sepanjang garis pantai musuh. Status-6 ini juga disebut kebal terhadap sistem anti rudal.

Di mana senjata nuklir ini mampu mencapai wilayah manapun di dunia karena selain memiliki jangkauan hingga ribuan kilometer, hulu ledak nuklir dapat dilepaskan dari pesawat atau kapal selam yang berada jauh dari kawasan teritori Rusia. Lalu, bagaimana dengan negara lain ya? 

2.  Amerika Serikat

Rupanya, Amerika Serikat tak mau kalah dengan Negeri Beruang Merah atas kepemilikan senjata nuklirnya. Mengutip dari laman suara.com mengatakan bahwa Amerika Serikat menjadi negara kedua yang memiliki senjata nuklir terbanyak di dunia. Di mana AS tercatat memiliki 5.550 hulu ledak nuklir per 2021.

Berdasarkan pengumuman Departemen Luar Negeri AS tercatat jumlah total hulu ledak aktif dan tidak aktif AS adalah 3.750 per September 2020. Namun jumlah tersebut belum termasuk hulu ledak pensiun. 

Pernyataan tersebut didukung dengan sebuah data dari Arms Control Accociation dan Statiska.com, yang mengatakan bahwa jumlah senjata nuklir di dunia mencapai 13.080, dan lebih dari 90 persen dikuasai Rusia dan Amerika. “Sekitar 9.600 hulu ledak nuklir di bawah kendali militer dan sisanya menunggu pembongkaran,” tulis Arms Control Accociation dikutip Bisnis, Senin (28/2/2022). 

Di sisi lain, sebuah studi bertajuk “Squandered: 2021 Global Nuclear Weapons Spending” dalam situs resmi organisasi Kampanye Internasional untuk Hapus Senjata Nuklir (ICAN) menyebutkan bahwa belanja sejumlah negara untuk senjata nuklir di dunia meningkat tajam pada 2021, meski pandemi Covid-19 merebak tahun itu. Dan Amerika Serikat tercatat sebagai negara dengan pengeluaran dana terbanyak untuk senjata nuklir, yakni mencapai US$44,2 miliar (Rp655 triliun).

3. China

China adalah salah satu dari sembilan negara yang dipastikan memiliki senjata nuklir. Bahkan, Pentagon merilis data senjata nuklir China yang berkembang amat pesat dibandingkan prediksi Amerika Serikat. Dalam laporan terbarunya Depatemen Pertahanan AS, mengatakan China dapat memiliki 700 hulu ledak nuklir pada tahun 2027. Jumlahnya bisa mencapai 1.000 hulu ledak nuklir pada 2030 atau 2,5 kali lipat dari yang diprediksi Pentagon setahun lalu.

Pada 1960-an, China pernah menguji bom nuklir pertama kali sejak negara tersebut mulai tertarik mengumpulkan senjata nuklir. Union of Concerned Scientists melaporkan saat negara itu memiliki persenjataan sekitar 350 hulu ledak. Jumlah itu cukup kecil dibandingkan dengan AS dan Rusia yang masing-masing negara memiliki 5.500 dan 6.300 hulu ledak nuklir pada saat itu.

4. Prancis

Prancis adalah anggota NATO sekaligus sekutu tertua dari Amerika Serikat yang memiliki jumlah nuklir sebanyak 290 unit. Jumlah tersebut menempatkan Prancis sebagai negara dengan nuklir terbanyak di dunia urutan keempat. Selain itu, Prancis juga termasuk 191 negara yang menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT). Hanya saja, Prancis tetap hati-hati terhadap perang nuklir.

5. Inggris

Negara yang memiliki senjata nuklir terbanyak di dunia selanjutnya yaitu Inggris. Negara dengan julukan The Black Country tersebut memiliki sekitar 225 hulu ledak strategis. Dalam hal ini, diperkirakan ada 120 hulu ledak yang dikerahkan dan 105 disimpan. Selain itu, Inggris juga memiliki empat kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir kelas Vanguard Trident yang membentuk penangkal nuklir berbasis laut secara eksekutif.

Dalam kesimpulannya, negara-negara yang memiliki senjata nuklir memiliki kekuatan dan pengaruh yang besar dalam dunia internasional, namun juga menjadi sumber ketakutan dan kekhawatiran bagi banyak pihak. Kekuatan dan potensi kerusakan yang dimiliki senjata nuklir menjadi ancaman serius terhadap perdamaian dan keamanan global, sehingga perlu diwaspadai dan diawasi dengan ketat oleh badan-badan internasional.

Oleh karena itu, negara-negara yang memiliki senjata nuklir dituntut untuk bertindak secara bertanggung jawab, dengan menghindari penggunaan senjata nuklir yang dapat mengancam perdamaian dan keamanan global, serta mengikuti peraturan dan ketentuan internasional yang telah disepakati. Semua pihak juga harus terus mengupayakan dialog dan diplomasi untuk menyelesaikan konflik dan memperkuat kerja sama internasional, guna mewujudkan dunia yang aman dan damai bagi seluruh umat manusia. Nah, semoga saja dari penjelasan di atas dapat menambah wawasan kalian ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *