Universitas dan Jurusan Terbaik di Korea Selatan 

Korea Selatan adalah negara yang terletak di semenanjung Korea, Asia Timur yang membentuk negara tersendiri dan menamakannya sebagai Republik Korea (Republik of Korea) pada tahun 1948. Selain memiliki pendapatan domestik bruto (PDB) yang tinggi, Korea Selatan identik sekali dengan penghasil produk hiburan yang mengglobal, seperti musik, film, dan serial televisi.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Bukan hanya itu saja, karena tampaknya negara ini juga memiliki pendidikan yang berkualitas. Bahkan, Negeri Ginseng ini juga merupakan destinasi studi yang populer bagi para pelajar internasional, lho. Salah satu alasan utama Korea Selatan populer sebagai destinasi studi adalah banyaknya perguruan tinggi Korea Selatan yang menduduki peringkat tinggi secara global. Lantas, apa saja Universitas dan jurusan terbaik di Korea Selatan? Temukan jawabannya di bawah!

1. Seoul National University

Seoul National University (SNU) adalah universitas nasional pertama di Korea Selatan yang memiliki sejarah panjang di baliknya. SNU dalam bentuknya yang sekarang, didirikan pada tahun 1946 yang merupakan hasil penggabungan 10 perguruan tinggi di Seoul. Pada tahun 1975, universitas kemudian dipindahkan ke kampus baru Gwanak.

Universitas ini dibagi menjadi dua lokasi, yang utama adalah di daerah Gwanak, sedangkan yang kedua (Yeongeon) berlokasi di Jongno yang didedikasikan untuk bidang medis. SNU juga memiliki perpustakaan luar biasa yang memiliki lebih dari 2,6 juta koleksi buku. Untuk lokasi lengkap kampus utama ada di 1 Gwanak-ro, Gwanak-gu, Seoul. Dan untuk lokasi kampus kedua ada di 103 Daehak-ro (Yeongeon-dong), Jongno-gu, Seoul.

Tercatat, ada berbagai macam courses yang tersedia di SNU. Ada 16 fakultas untuk program sarjana, 99 program untuk magister dan doktoral, serta 10 sekolah profesional. SNU juga berkontribusi pada penelitian, dengan banyak lembaga penelitian ternama seperti Big Data Institute, Green Bio Research Complex, Institute for Research in Finance and Economics, and Asia Institute for Energy, Environment and Sustainability.

Beberapa bidang studi dan jurusan unggulan di Seoul National University, adalah sebagai berikut:

1. Onkologi

2. Farmakologi & Toksikologi

3. Fisika

4. Pertanian

5. Matematika

2. Korea Advanced Institute Of Science And Technology (KAIST)

Dilansir dari namsankoreancourse.com, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) didirikan pada tahun 1971 sebagai sekolah pascasarjana berorientasi penelitian pertama di negara itu dalam sains dan teknologi. Pada tahun 1986, KAIST mulai menawarkan program gelar sarjana juga. 

Pada tahun 1989, universitas pindah dari Seoul ke Daejeon, sekitar 50 menit perjalanan dengan kereta berkecepatan tinggi dari Seoul. Pada tahun 2009, KAIST bergabung dengan Information and Communications University, sebuah universitas negeri yang didirikan di Daejeon pada tahun 1997 dengan fokus utama pada penelitian informasi dan teknologi.

Saat ini KAIS University memiliki 4 lokasi kampus, kampus utama terletak di Yuseong Daejeon dengan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan dari bandara Incheon, kampus  Munji yang terletak 6 km dari kampus utama, kampus Seoul untuk jurusan bisnis terletak di Dongdaemun Seoul, dan kampus Dogok yang terletak di Gangnam Seoul.

Beberapa jurusan unggulan di KAIST yang bisa kamu pilih, adalah sebagai berikut:

1. Rekayasa Material

2. Kimia

3. Ilmu Komputer

4. Fisika Benda Terkondensasi

5. Teknik Kimia

3. Korea University

Universitas Korea adalah universitas pertama di negara yang didanai dan dikelola sendiri oleh orang Korea. Universitas ini didirikan pada tahun 1905 oleh Lee Young-Ik, Bendahara Rumah Tangga Kerajaan, yang ide dan visinya adalah bahwa hanya dengan mendidik generasi yang lebih muda, Korea dapat mengamankan kemerdekaannya dan tumbuh serta berkembang sebagai sebuah bangsa. 

Selama seratus tahun ini, Universitas Korea terus mempertahankan semangat pendirinya. Saat ini, universitas berusaha untuk mendidik siswanya menjadi warga negara yang efektif, berkemampuan tinggi dalam bidang pilihan mereka, yang akan mengabdikan diri untuk melayani bangsa dan dunia dengan kemampuan terbaik mereka. Selain itu, Universitas Korea menawarkan berbagai beasiswa program Sarjana yang juga bisa di-apply oleh mahasiswa internasional, lho. 

Tahukah kamu bahwa Universitas ini memiliki banyak alumni ternama, lho. Misalnya seperti Ok Taec-yeon (anggota 2PM), Yuna Kim (atlet seluncur indah), Lee Myung-bak (mantan presiden Korea Selatan), dan aktor Lee Beom-soo.

Berikut ini adalah beberapa jurusan unggulan di Korea University yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu tertarik kuliah di di Korea University:

1. Teknologi Polimer

2. Teknik Kimia

3. Kedokteran Nuklir

4. Pertanian

5. Teknologi Pangan

4. Yonsei University

Universitas Yonsei menjadi kampus elit, populer serta bergengsi bersanding kampus lain di Korea Selatan. Yonsei University (연세 대 학교) merupakan kampus riset swasta tertua di Korea Selatan yang berdiri sejak tahun 1957. Sebelum menjadi Universitas Yonsei, mereka lebih dulu menyediakan pendidikan sekolah kedokteran pada 10 April 1885 di Gwanghyewon. 

Lalu mendirikan rumah sakit oleh Horace Newton Allen, seorang misionaris Protestan Amerika yang mendapat penunjukan untuk ke Korea Selatan. Kemudian rumah sakit tersebut berganti nama menjadi 제중원 , House of Universal Helpfulness.

Nah, jika kamu senang melakukan banyak kegiatan sambil studi, kamu bisa bergabung dengan klub-klub yang ada di Universitas Yonsei. Karena tercatat ada lebih dari 100 klub yang berada dalam naungan kampus ini. Beberapa yang populer adalah AFKN Listeners Club (ALC), Avenante, dan Business Innovation Track (BIT).

Selain itu, Universitas Yonsei memiliki program Internasional terkemuka, lho. Misalnya saja seperti berikut:

Yonsei International Summer School (YISS)

Terselenggara pada akhir juni sampai awal agustus dan berhasil mengajak lebih dari 1.300 siswa dari lebih 30 negara.

Winter Abroad at Yonsei (WAY)

Program musim dingin yang kampus adakan dalam 2 sesi selama 3 minggu mulai pada akhir desember.

Study Abroad at Yonsei (SAY)

Pertukaran pelajar atau kunjungan Universitas Yonsei yang bisa kamu ikuti dalam kurun waktu satu semester ataupun satu tahun di Korea.

5. Pohang University Of Science And Technology

Universitas Sains dan Teknologi Pohang (POSTECH) adalah universitas riset swasta di Pohang, Korea Selatan yang didedikasikan untuk penelitian dan pendidikan dalam sains dan teknologi. Bahkan, majalah Times Higher Education (THE) 100 Under 50 pernah merilis bahwa POSTECH menghabiskan diri sebagai kampus muda terbaik di dunia, dan menempati posisi puncak daftar THE 100 Under 50 selama tiga tahun berturut-turut.

POSTECH menjadi salah satu universitas termuda di daftar ini. Pasalnya, selain memiliki fasilitas penelitian yang canggih dan lengkap, POSTECH juga dikenal sebagai universitas yang banyak memberikan dukungan beasiswa untuk para mahasiswanya. Menurut riset terbaru, sekitar 97% mahasiswa S1 di POSTECH adalah penerima beasiswa.

Beberapa jurusan kuliah unggulan di POSTECH yaitu sebagai berikut:

1. Rekayasa Material

2. Nanosains & Nanoteknologi

3. Fisika Benda Terkondensasi

4. Kimia Fisik

Jadi, itu dia lima Universitas dan jurusan terbaik yang ada di Korea. Meskipun sebenarnya masih banyak universitas terbaik lainnya di sana. Kapan-kapan kita kupas bersama lagi ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *