Fakta Menarik Seputar Negara Qatar

Negara Qatar merupakan negara emirat di Timur Tengah yang menawarkan banyak hal menarik untuk kita bahas. Berbicara soal negara tersebut, yang terlintas di kepala kita pasti, Qatar adalah negara yang kaya raya dengan berbagai bangunan megah, pusat perbelanjaan yang bergengsi dan gedung pencakar langitnya. Ya, benar, memang itu faktanya. Bahkan, Pemerintah Qatar juga terus berupaya agar membuat masyarakatnya makmur, lho.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Lantas, bagaimana negara kecil di Teluk Persia ini menjadi salah satu negara paling makmur di dunia ya? Penasarankah kamu mengapa Qatar mampu melampaui negara-negara teluk yang lain seperti Emirate Arab, Saudi, Bahrain, dan Oman? Nah, untuk mengobati rasa penasaran kamu, kami akan bahas deh beberapa fakta menarik yang ada di negara ini. Yuk kita simak bersama. Berikut adalah fakta menarik “The Maroon”:

1. Negara Arab Pertama Tuan Rumah Piala Dunia

Dengan populasi kurang dari 3 juta, Qatar berhasil menjadi tuan rumah perhelatan olahraga bergengsi Piala Dunia FIFA. Sejak terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar terus menjadi perbincangan banyak orang. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Qatar. Pasalnya Qatar menjadi negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah perhelatan tersebut.

Dengan begitu, Piala Dunia akan meningkatkan soft power Doha dan menambah pengaruh politik, terutama karena semakin banyak acara serupa yang akan dilakukan. Bahkan, turnamen dengan visibilitas tinggi ini tentu akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan diversifikasi negara menuju ekonomi modern berbasis pengetahuan.

2. Disebut Sebagai Kota Paling Aman

Berdasarkan indeks kejahatan Numbeo, Qatar terus memimpin posisi puncak sebagai negara paling aman di dunia pada tahun ini. Itu berarti Qatar telah menempati posisi puncak selama enam tahun berturut-turut. Selain itu, Numbeo juga menempatkan Doha sebagai kota teraman kedua di dunia.

Meskipun kebanyakan kota di Timur Tengah terkenal dengan angka kejahatannya yang tinggi, Doha tidak demikian. Bahkan, dengan posisi puncak sejak 2015 hingga 2019, Qatar mampu mempertahankan posisinya sebagai negara Arab paling aman dan negara paling aman di dunia. Kondisi itu mencerminkan level keamanan dan keselamatan yang dinikmati negara itu.

Tidak hanya itu, pelayanan kesehatan di Qatar juga boleh diacungi dua jempol, lho. Pasalnya, selain mendapatkan pengobatan gratis di seluruh fasilitas kesehatan pemerintah, warganya juga bebas mendapatkan layanan medis pribadi. Tak cuma itu, warga juga dibolehkan melakukan check-up gratis secara berkala. Jadi, tak heran jika Qatar justru memuncaki daftar negara-negara dengan populasi paling sehat di dunia.

3. Jumlah dan Potensi Kandungan Minyak Bumi

Qatar merupakan negara kecil dengan penghasilan yang besar. Qatar menjadi negara terkaya ketiga di dunia menurut World Bank tahun 2013. Pendapatan terbesar Qatar berasal dari sumber minyak bumi dan gas alam yang terdapat di Qatar. Dua sumber alkana yang paling penting adalah minyak bumi (petroleum) dan gas alam (natural gas). 

Melalui badan usaha milik negara yang bernama Qatar Petroleum, Qatar berhasil mengelola dengan baik sumber minyak bumi dan gas alam serta memproduksi hingga mengekspornya. Penghasilan dari sektor minyak bumi dan gas alam yang melimpah ini memberikan sumbangsih yang besar bagi perkembangan negara Qatar, termasuk pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan rakyatnya.

Besarnya kandungan minyak dan gas pada negara Qatar membuat besarnya pula ketergantungan ekonominya terhadap minyak dan gas. Di mana semakin besar pula perusahaan yang menginvestasikan keuangannya kepada negara ini dan semakin besarnya produsen yang didapatkan Qatar. Produsen ini tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri hingga beribu ribu barel minyak setiap tahunnya di ekspor ke berbagai negara.

4. Terkenal Akan Kebudayaannya

Budaya Qatar seperti yang dilihat memang sangat dipengaruhi oleh budaya Arab. Hal Ini disebabkan karena Qatar adalah bagian dari Arab. Sehingga masyarakat pun tak segan bahkan bangga memperlihatkan budayanya. Banyak sekali pertunjukan budaya yang umumnya digelar.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya kebudayaan yang dimiliki Qatar adalah kombinasi dari ragam warisan budaya. Sebab banyak sekali orang dari negara lain yang datang ke Qatar kemudian menetap di Qatar sebagai warga Qatar. Sehingga secara tak sengaja, para pendatang pun membawa budaya mereka masuk ke Qatar. 

Salah satu kebudayaan yang terkenal adalah berbagai karya seni yang terdapat di sana maupun kerajinan tangannya. Tidak hanya itu, Qatar juga memiliki kebudayaan yang unik dan kaya, seperti tari sabah, tarian tradisional yang diiringi dengan musik dan nyanyian, serta seni kaligrafi dan sulaman yang sangat indah. Di sisi lain, Negara Qatar juga memiliki tempat wisata edukasi seperti Cultural Center of the Childhood, Qatar Society for the Fine Arts, Akademi Musik Qatar, Qatar Music serta Komunitas Teater.

5. Kehidupan Qatar yang Makmur

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa Qatar adalah negara paling aman. Maka tak heran bila pemerintahnya begitu memperhatikan kehidupan masyarakatnya agar damai dan makmur. Hal ini bisa dilihat mulai dari tidak ada pengangguran di Qatar.

Negara tanpa adanya pengangguran tentu akan sangat membuat masyarakatnya merasa bahagia dan tentram dalam menjalani kehidupan. Sebab, perusahaan akan datang langsung mencari mahasiswa lulusan sehingga bukan mahasiswa yang banting tulang mencari pekerjaan. Sistem gaji juga sangat menggiurkan.

Hal ini membuat para mahasiswa bisa berharap pekerjaan akan datang setelah mereka lulus dari kuliahnya. Selain ada bonus seperti haji dan umroh bahkan juga ada tambahan tunjangan. Sehingga, gaji, bonus dan tunjangan sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Maka, tak salah jika disebut Qatar merupakan surga bagi para pekerja. Bahkan, perusahaan pun tak menuntut karyawannya untuk menuntut lebih dari apa yang mampu dilakukan.

6. Qatar Adalah Negara Mandiri

Qatar disebut sebagai salah satu negara di dunia yang relatif sangat mandiri. Bahkan, saat di embargo, negara kecil di Teluk Arab itu kian mandiri, karena lepas dari ketergantungan negara-negara lain. Embargo diterapkan empat negaranya yakni Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan United Arab Emirat. 

Namun, di tengah embargo negara-negara Teluk itu, ekonomi Qatar justru tetap kokoh, dan bahkan bisa lebih baik dibanding negara-negara Teluk lainnya. Negara kaya dengan gas yang dulu sangat bergantung pada impor bahan makanan itu pun kini mulai mengandalkan pasokan bahan makanannya pada pertanian dalam negeri. 

Berdasarkan Ranking Economist Intelligence Unit menyebutkan, Qatar menempati posisi teratas di Timur Tengah dan peringkat ke-13 dunia untuk ketahanan pangan dalam Indeks Keamanan Pangan Global.

7. Negara Bebas Pajak Penghasilan

Setiap negara biasanya akan menarik biaya pajak terhadap para warganya, tetapi tidak untuk Qatar. Negara ini menjadi salah satu dari beberapa negara yang ternyata tidak memungut pajak kepada para warga negaranya karena biasanya memiliki sumber pendapatan yang besar. Qatar mencatat pertumbuhan per kapita US$ 88.000. Negara ini menjadi kaya karena cadangan gas alamnya yang besar. Tidak ada pungutan untuk pendapatan pribadi, dividen, royalti, keuntungan modal dan properti. Warga hanya membayar 5% dari pendapatannya untuk jaminan sosial.

Selain fakta di atas, Qatar juga merupakan pusat pendidikan dan inovasi di Timur Tengah, dengan banyak perguruan tinggi internasional terkemuka yang menawarkan berbagai program studi, termasuk di bidang sains, teknologi, dan bisnis. Dengan berbagai hal menarik yang ditawarkan, tidak mengherankan jika Qatar menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Timur Tengah dan dunia, bukan? Di sisi lain, Qatar juga memiliki tempat wisata yang indah untuk dikunjungi, lho. Sejumlah tempat wisata yang populer di Qatar antara lain The Museum of Islamic Art, The Corniche, Gurun Safari, hingga Pulau Buatan Palm Tree. Bagaimana nih, tertarikkah kamu untuk berkunjung ke negara ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *