Fakta-Fakta Menarik Universitas Airlangga yang Perlu Anda Ketahui

Memilih universitas untuk perjalanan studi merupakan keputusan yang sangat penting, karena akan berdampak pada perjalanan karier di masa depan. Di Indonesia, terdapat berbagai universitas unggulan yang dapat dipertimbangkan oleh calon mahasiswa yang berencana melanjutkan pendidikan, dan salah satunya adalah Universitas Airlangga.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Universitas Airlangga adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diminati oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, Universitas Airlangga menerima lebih dari 5.000 mahasiswa baru.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar Universitas Airlangga yang dapat menjadi informasi penting bagi Anda. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Lokasi Kampus Universitas Airlangga

Universitas Airlangga memiliki tiga kampus utama. Pusat administrasi berada di kampus C. Kampus A, yang terletak di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 47 A Surabaya, memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Di kampus ini, terdapat gedung bersejarah yang merupakan peninggalan dari sekolah kedokteran NIAS dan sekolah kedokteran gigi STOVIT. Kampus B, yang berlokasi di Jl. Airlangga No. 4-6 Surabaya, menaungi fakultas ilmu sosial dan politik, farmasi, ekonomi dan bisnis, hukum, psikologi, ilmu budaya, serta fakultas vokasi dan sekolah pascasarjana. Sementara itu, Kampus C, terletak di Jl. Mulyorejo Surabaya, berfungsi sebagai pusat administrasi Universitas Airlangga dan menampung fakultas sains dan teknologi, kesehatan masyarakat, keperawatan, perikanan dan kelautan, serta fakultas kedokteran hewan.

2. Arti Nama Airlangga dalam Konteks Universitas Airlangga (UNAIR)

Nama “Airlangga” yang diusung oleh Universitas Airlangga (UNAIR) memiliki latar belakang sejarah yang mengesankan. Nama ini diambil dari seorang pendiri kerajaan Kahuripan yang memerintah dari tahun 1009 hingga 1042, dengan gelar Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa. Wilayah kekuasaannya mencakup hampir seluruh Jawa Timur.

Pemilihan nama Airlangga memiliki makna mendalam, karena dalam bahasa Jawa, Airlangga mengartikan “Sang Pemelihara”. Raja Airlangga dikenal sebagai sosok yang bijaksana, arif, cakap, dan mampu mempersatukan wilayah di kawasan Timur Indonesia pada Abad ke- XI. Dengan mengusung nama yang sarat makna ini, Universitas Airlangga menghormati sejarah yang kaya dan nilai-nilai kepemimpinan yang diwariskan oleh Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa.

3. Sejarah Sekolah Kedokteran di Universitas Airlangga (UNAIR)

Awal mula berdirinya Universitas Airlangga (UNAIR) dapat ditelusuri dari pendirian Sekolah Kedokteran bernama Dokter Java School pada tahun 1851. Saat masa penjajahan Hindia Belanda, sekolah ini mengalami pergantian nama menjadi STOVIA (School Tot Opleiding van Indische Artsen) atau sekolah pendidikan dokter Hindia pada tahun 1905. Kemudian, berubah menjadi NIAS (Netherlandsch Indische Artsen School) pada tahun 1913, yang khusus didirikan sebagai sekolah kedokteran untuk penduduk pribumi di kota Surabaya.

Selanjutnya, didirikan pula School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) sebagai sekolah kedokteran gigi. Pada tahun 1948, berganti nama menjadi Faculteit der Geneeskunde Cabang Surabaya sebagai cabang Fakultas Kedokteran Universiteit Indonesia. Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1954, Pemerintah mengubah namanya menjadi Universitas Airlangga. Perubahan ini diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Kedokteran oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

4. Dilengkapi Rumah Sakit Sendiri

Universitas Airlangga (UNAIR) menonjol dengan kehadiran fasilitas kesehatan yang luar biasa, yaitu rumah sakit berstandar internasional. Selain berperan sebagai pusat rujukan untuk penelitian di bidang medis internasional, Rumah Sakit (RS) UNAIR juga dikenal memiliki tenaga medis profesional dan peralatan kesehatan yang canggih. RS Airlangga tidak hanya berfungsi sebagai Rumah Sakit Umum, melainkan juga menjadi tempat penyelenggaraan rumah sakit pendidikan lainnya, termasuk Rumah Sakit Gigi dan Mulut serta Rumah Sakit Kedokteran Hewan.

Keberadaan fasilitas ini memberikan keunggulan tambahan bagi Universitas Airlangga, yang dengan sepenuh hati berkomitmen dalam memberikan kontribusi pada dunia kesehatan. Fakta ini, bersama dengan prestasi akademik dan pelayanan berkualitas, menjadikan UNAIR sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Mengacu pada peringkat yang ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), UNAIR membanggakan diri berada di peringkat delapan terbaik di Indonesia.

5. Dilengkapi dengan Perpustakaan Nyaman dan Lengkap

Universitas Airlangga (UNAIR) menawarkan perpustakaan yang tidak hanya nyaman tetapi juga sangat lengkap. Dengan jutaan koleksi buku, perpustakaan UNAIR diakui sebagai salah satu yang paling komprehensif di Indonesia. Fasilitas yang disediakan juga termasuk koneksi wifi yang cepat dan ruangan yang nyaman untuk mendukung pengalaman belajar.

Selain itu, perpustakaan UNAIR juga menyediakan American Corner, tempat yang ideal untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Di sini, mahasiswa dapat belajar dan mengasah keterampilan berbahasa Inggris mereka dengan lebih mendalam. Tidak hanya sebagai tempat belajar, perpustakaan UNAIR juga berperan sebagai sumber informasi penting mengenai pertukaran pelajar dan beasiswa ke universitas luar negeri. Keseluruhan fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa.

Demikianlah beberapa fakta menarik mengenai Universitas Airlangga yang patut kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi bagian dari kami?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *