Cara Mudah Membuka Akses Google Drive

Google Drive merupakan salah satu layanan milik Google yang memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan file, mem-backup file, dan bahkan mengedit file pengguna lainnya. Dilansir dari Cloudwards, Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file di luar batas hard drive.

[x] Tutup
Iklan Sponsor

Dengan banyaknya fitur yang ada di dalamnya, maka tak jarang Google Drive menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat untuk menyimpan data secara online. Apalagi layanan cloud storage milik Google ini menyediakan kapasitas penyimpanan 15 GB yang dapat kamu gunakan secara gratis tanpa harus membayar biaya apapun. Lantas, sudah tahukah kamu cara mudah membuka hak akses, saat ingin membagikan file melalui google drive?

Berikan Akses Kepada Siapapun

Dengan Google Drive, kamu tidak hanya bisa menyimpan data, tetapi juga dapat membagikan file yang diunggah ke pengguna lain. Cara ini tentu saja lebih praktis dibandingkan transfer data melalui media Bluetooth, flashdisk, dan sejenisnya. Tanpa berlama-lama, berikut adalah cara mudah membuka akses Google Drive berdasarkan keperluannya:

1. Cara Memberikan Akses Google Drive ke Privat 

Setiap file yang diunggah akan disimpan di pusat data yang aman dan bersifat pribadi, kecuali kamu memang ingin membagikannya. Saat membagikan file dari Google Drive, kamu dapat mengontrol apakah pengguna lain dapat mengedit, mengomentari, atau hanya melihat file tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1.)  Log in ke Google Drive

2.) Pilih File yang Akan Dibagikan

3.) Memasukkan Email Pengguna

4.) Mengatur Tindakan yang Bisa Dilakukan Penerima

5.) Klik ‘Send’

Jika kamu klik tombol “Send” atau kirim. Maka dokumen telah terkirim ke pengguna lain. Bagaimana, mudah banget kan?

2. Cara Memberikan Akses Google Drive ke Public

Apabila kamu ingin membagikan link untuk publik, seperti melalui media sosial WhatsApp, Twitter, atau keperluan lainnya. Maka langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1.) Log in ke Google Drive.

2.) Pilih file yang akan dibagikan.

3.) Klik kanan > pilih “Get Link” atau “Dapatkan Link yang dapat Dibagikan”.

4.) Pada bagian Get Link, kamu dapat melihat link dokumen yang hendak dibagikan. kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat membuka link tersebut.

5.) Klik “Copy Link”. Kamu dapat membagikan link tersebut melalui media sosial.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara membuka akses Google Drive? Caranya sangat mudah bukan? Semoga artikel cara share link Google Drive ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *