02.25.2021, 0 Comments

Kamu Cepat Emosian? Ini 5 Tips Meredam Amarah

Marah sebenarnya termasuk emosi yang sehat. Bahkan perasaan marah dapat mendatangkan perubahan-perubahan yang positif. Hal yang manusiawi jika Anda terkadang murka pada situasi-situasi tertentu.

Marah dapat menjadi hal yang negatif saat berubah tak terkendali dan berujung pada perilaku agresif. Berteriak pada orang lain, melakukan tindakan merusak, memukul termasuk sebagian dari bentuk manifestasi kemarahan yang merugikan.Supaya tak merugikan dan lebih bisa menyelesaikan masalah dengan hati tenang, penting bagi Anda untuk tahu cara meredam emosi yang tepat.

langkah-langkah berikut mungkin dapat membantu dalam mengendalikan perasaan tersebut:

1. Lihat Keadaan

Indifferent unbothered woman and man spread hands sideways Free Photo

Hindari keadaan yang memicu emosi yang tidak diinginkan. Jika Anda tahu bahwa Anda kemungkinan besar akan marah pada suatu situasi, maka tinggalkan situasi tersebut.Jangan sampai Anda terbawa emosi dan membuat keadaan menjadi tidak nyaman.

2. Sadari Kondisi Pikiran Anda

Puzzled attractive bearded emotive man wonk in spectacles, looks with worried embarrassed expression aside Free Photo

Kondisi tubuh dan pikiran Anda saat itu sangag berpengaruh terhadap skala kemarahan Anda. Karena stres dan lelah dapat membuat rasa marah semakin menjadi-jadi.Jika Anda sedang kelelahan, beristirahatlah sejenak agar amarah yang muncul tidak makin meluap dan jernihkan pikiran Anda.

3. Belajar Memahami Orang Lain

Thoughtful young man has contemplative expression, holds hand under chin, wears striped jumper, drinks fresh beverage, surrounded with pile of textbooks Free Photo

Itulah mengapa saat orang marah, mereka cenderung tidak bisa menerima perilaku orang lain atau menyalahkan. Anda akan sulit berpikir jernih untuk melihat situasi secara objektif.

Memahami orang lain merupakan salah satu cara meredam amarah. Anda akan lebih mampu untuk menahan diri agar tidak melampiaskan kemarahan pada pasangan atau orang lain.

4. Menceritakan Masalah Kepada Orang yang Anda Percaya

Portrait of mixed race hipster guy shows something at tablet computer to his wife who is busy making sandwhiches Free Photo

Tenangkan diri dengan menceritakan apa yang sedang Anda alami kepada teman atau keluarga. Dengan ini, Anda akan merasa lebih tenang karena sudah menceritakan perasaan yang Anda pendam. Menceritakan masalah Anda kepada sahabat lebih baik daripada mengungkapkan dengan amarah.

5. Berolahraga Luapkan rasa marah Anda dengan berolahraga

View of motivated teenagers demonstrate good flexibility, lean to feet, do stretching exercises near stairs, wear comfortable sneakers for training, have dark healthy skin, strong muscular body Free Photo

Selain dapat membakar kalori, langkah ini juga dapat menghilangkan energi negatif yang ada di diri Anda. Menurut banyak penelitian, olahraga aerobik dapat mengurangi stres. Contohnya, berjalan kaki, bersepeda, dan berenang.

Bagaimana sekarang sobat preski sudah tahukan tentang tips meredam amarah. Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *